SOLOPOS.COM - PDIP mengajukan 580 daftar bakal calon legislatif (caleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (11/5/2023). Nama politisi seperti Puan Maharani dan Yasonna Laoly masuk ke dalamnya. (JIBI/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP)  mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) yang didominasi petahana ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Kamis (11/5/2025). 

Rombongan berangkat dari Kantor DPP PDIP ke Kantor KPU RI sekitar pukul 09.00 WIB dengan menampilkan parade budaya Betawi.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Dari daftar caleg tersebut, nama caleg petahana yang dimaksud di antaranya Puan Maharani dan Yasona Laoly. Puan Maharani saat ini masih aktif sebagai Ketua DPR, sedangkan Yasona Laoly masih menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM. Sedangkan artis yang turut mengisi nama caleg DPR dari PDIP adalah Once dan Deny Cagur.

“Dari 580 calon anggota legislatif, sebagian besar yang dicalonkan tentu saja juga berasal dari anggota legislatif incumbent itu ada 128, semuanya dilakukan evaluasi dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain,” jelas Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023), mengutip Bisnis.com.

Dia mengungkap daftar bakal caleg PDIP sudah memenuhi syarat keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

Menurutnya, dari seluruh yang diajukan, 33 persennya merupakan perempuan.

“Dalam meningkatkan kualitas anggota dewan, [PDIP] juga merekrut kalangan kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI/Polri purnawirawan ada 17 orang, budayawan, seniman dan artis 14 orang,” lanjut Hasto. Sebagai besar, ungkapnya, merupakan kader PDIP yang telah melalui pendidikan politik kepartaian.

“Jadi ada sekitar 14 [bakal caleg DPR dari PDIP] dari kalangan budayawan, seniman dan juga artis yang memang terbukti memiliki kompetensi yang sangat kuat,” ungkap Hasto.

Dari 14 kalangan publik figur itu, ada beberapa yang memang merupakan anggota DPR petahana seperti seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, dan Junico Siahaan.

Selain itu, ada juga sosok-sosok baru seperti Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat, Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Lita Zein, Andre Hehanussa, dan Lucky Perdana.

“Krisdayanti misalnya, beliau sebagai diva dan juga sangat rajin turun ke bawah. Demikian pula sosok seperti Rano Karno, Si Doel Anak Betawi itu juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan terhadap wong cilik,” ujar Hasto.

Hasto pun menegaskan 580 bakal caleg DPR yang didaftarkan sudah diuji kualitas. Menurutnya, bakal caleg PDIP dapat mempertanggungjawabkan kompetensinya. 

“PDI Perjuangan menempatkan seluruh proses penjaringan dan penyaringan calon anggota legislatif dengan mengedepankan aspek kekaderan, kompetensi,” ungkapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar Caleg 2024 PDIP, Ada Puan Maharani dan Yasonna Laoly”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya