SOLOPOS.COM - Potensi Joko Widodo sebagai capres ternyata belum pernah dibahas DPP PDI Perjuangan. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Potensi Joko Widodo sebagai capres ternyata belum pernah dibahas DPP PDI Perjuangan. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

JAKARTA—Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan beberapa waktu lalu menyatakan kemungkinan partai berlambang banteng moncong putih itu mengusung tokoh muda dalam Pilpres 2014. Sah-sah saja jika sebagian kader partai maupun pengamat politik lalu mengarahkan dugaan Mega tengah mempersiapkan mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai jago.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Maklum saja, nama Jokowi—sapaan akrabnya—akhir-akhir ini selalu muncul dalam hasil-hasil survei yang dirilis pelbagi lembaga. Popularitas Jokowi itu sempat pula dimanfaatkan PDI Perjuangan untuk mendongkrak perolehan suara calon yang diusung partai itu pada sejumlah pemilihan kepala daerah (pilkada).

Tetapi kenyataan bisa saja tak sesuai dengan harapan para kader PDI Perjuangan ataupun prediksi para pengamat politik. Sebab pada kenyataannya, ibunda Puan Maharani itu belum pernah membahas peluang Jokowi dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Bahkan di kalangan terbatas internal PDI Perjuangan.

“Belum ada pembahasan masalah Pilpres,” tegas Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait seusai acara menonton bareng film Sang Kiai di Plaza Senayan, Jl Asia Afrika, Jakarta, Kamis (6/6/2013).

Menurut anggota komisi XI DPR itu, semua keputusan perihal pencapresan ada di tangan ketua umum partainya, Megawati. PDIP sampai sekarang masih fokus untuk memenangkan beberapa kader mudanya di Pilkada. “Kami fokus ke Pilkada dulu. Strategi 2014 jelas sudah ada, tapi enggak mungkin kami buka,” tambah Ara.

Diakuinya, kader muda usia di PDIP memang menjadi senjata utama partai itu. Ara menambahkan untuk pilpres, PDIP tidak hanya mempertimbangkan usia, kader yang loyal dan kompeten akan menjadi pilihan utama.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPR, Puan Maharani juga mengatakan bahwa partai berlambang banteng ini sedang gencar melakukan kaderisasi. Kader-kader muda PDIP menjadi andalan partai ini. Jokowi adalah salah satu kader muda PDIP yang cukup mentereng popularitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya