SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) nonformal di Kota Solo akan dimonitoring. Monitoring 246 lembaga PAUD nonformal dari lima kecamatan itu akan dimulai pekan depan.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Nonformal (PNF) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Wahyu Widayati, mengatakan pihaknya menggelar pembinaan pengelolaan lembaga PAUD nonformal pada Senin-Rabu (29-31/7/2013) pekan depan. Pembinaan tersebut sebagai awal monitoring 246 lembaga PAUD nonformal secara jangka panjang.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Pembinaan akan diikuti setiap kepala pengelola PAUD nonformal. Selain menerima materi pengelolaan PAUD, masing-masing pengelola juga wajib menyampaikan perkembangan kondisi lembaga yang dipimpinnya,” ungkap Wahyu saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (26/7/2013).

Karenanya, Wahyu menghimbau kepada setiap lembaga PAUD nonformal untuk mempersiapkan berbagai data kelengkapan sekolah, diantaranya data siswa, sarana pembelajaran, data fisik sekolah, data tenaga pendidik dan sebagainya. Sementara itu,
Kepala Seksi (Kasi) Kesetaraan dan Keaksaraan Bidang PNF Disdikpora Solo, Hasto Daryanto, menuturkan laporan setiap lembaga pada pekan depan akan digunakan sebagai evaluasi pembelajaran di lembaga PAUD nonformal. Lembaga PAUD yang belum maksimal pengelolaannya akan dibimbing lebih lanjut.

Setelah itu lembaga PAUD akan dimonitoring perkembangannya. Terakhir, pihaknya akan mengevaluasi perkembangan pembelajaran di tiap lembaga PAUD yang dibimbing.

“Tetapi kami tetap melakukan monitoring kepada seluruh lembaga PAUD nonformal di Kota Solo. Fokus kami pada pengelolaan PAUD dan peningkatan kualitas tenaga pengajar yang masih variatif. Ke depannya, bimbingan pengelolaan PAUD akan menyasar tenaga pendidik,” papar Hasto ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat pagi.

Dalam bimbingan pengelolaan pekan depan, Bidang PNF akan menyampaikan empat standar utama pengelolaan PAUD, yakni standar tingkat pencapaian pembelajaran siswa sesuai usia, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi dan proses penilaian serta standar sarana dan pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya