SOLOPOS.COM - Patung Apollo yang akan dibangun di Yunani (Mirror)

Patung Apollo raksasa rencananya akan dibangun di Yunani.

Solopos.com, SOLO – Yunani akan membangun kembali patung Apollo atau Dewa Matahari dalam mitologi Yunani setinggi 150m. Jika terwujud, tinggi patung ini akan melebihi patung Liberti di AS dengan tinggi 93m. Arsitek Yunani akan membangun patung tesebut setelah patung aslinya ambruk terkena gempa 2.000 tahun silam.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kolosus atau patung Helios yang terletak di pelabuhan Pulau Rodos, Yunani yang baru masih menggunakan konsep yang sama, yakni sang dewa berdiri dengan posisi mengangkangi dua dermaga pulau tersebut. Sehingga kapal-kapal bisa melintas di bawahnya.

Wajahnya menghadap ke laut Aegean. Patung setinggi 150 meter itu akan dibangun sebagai mercusuar terbesar yang terletak di tangan kanan yang mengangkat wajan di atas kepalanya.

Dengan tinggi menjulang, monolit itu selain akan terlihat jelas oleh kapal-kapal yang hendak lewat hingga ke Pantai Turki jauhnya, sekitar 35 mil.

Selain bermanfaat sebagai mercusuar, patung Apollo juga dijadikan tempat wisata. Di dalamnya, akan dibangun perpustakaan, museum, dan toko-toko yang diprediksi akan mengeruk keuntungan hingga 35 juta euro setahun.

Pori-pori kulit Apollo dirancang sebagai ventilasi dan panel surya, yang menyediakan listrik untuk mercusuar dan berbagai elektronik lainnya, sekaligus sumber penerangan ruang di dalam patung.

Dilaporkan Okezone.com dari Mirror, Sabtu (26/12/2015), biaya pembangunannya mencapai 250 juta euro atau Rp3,7 triliun.

Pemerintah yang dinyatakan sudah bangkrut tentu tak mampu membiayai pembangunan kolosus tersebut. Pemerintah berharap pendapatan pariwisata lah kelak yang akan melunasi pembayarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya