SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi menyatakan mundur dari jabatannya, Jumat (18/11/2022), setelah Partai Republik mengambil alih DPR pada Januari 2023. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi menyatakan mundur dari jabatannya karena Partai Republik akan mengambil alih DPR pada Januari 2023 mendatang.

Pelosi mengumumkan keputusannya itu seusai Partai Republik mengamankan mayoritas suara di DPR dengan selisih tipis dalam Pemilu paruh waktu AS pada pekan lalu.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Beberapa hari lalu Pelosi mengatakan, penyusup menyerang suaminya, Paul, di rumah mereka di San Francisco pada 28 Oktober 2022.

Kejadian itu dan faktor lainnya juga mempengaruhi keputusannya untuk mundur dari jabatannya tersebut.

Baca Juga: 4 Hal yang Berpotensi Adang Donald Trump Nyapres di 2024

Pada Rabu (16/11/2022), Partai Republik menawarkan dukungan awal bagi Kevin McCarthy untuk mencalonkan diri pada Kongres berikutnya.

McCarthy, 57, dari California, saat ini menjabat sebagai pemimpin Partai Republik.

Ia memenangkan pemungutan suara kepemimpinan partai melalui pemungutan suara.

Baca Juga: Donald Trump Nyapres 2024, Begini Komentar Joe Biden

McCarthy akan menghadapi pemilihan oleh seluruh partai pada awal tahun depan, seperti dilansir dari The Guardian, pada Jumat (18/11/2022).

Namun, belum jelas dia akan mendapatkan dukungan yang cukup atau tidak, dari sesama Partai Republik untuk memenangkan kursi.

Mayoritas Partai Republik di DPR akan jauh lebih kecil dari prediksi jajak pendapat. Setiap anggota akan memiliki pengaruh besar di partai.

Baca Juga: Jokowi Berterima Kasih ke Prancis setelah Temu Bilateral dengan Macron

Kendali atas Komite DPR akan memberi Partai Republik kemampuan untuk mengumpulkan agenda legislatif Biden.

Selain itu, Partai Republik dapat melakukan penyelidikan untuk hal-hal yang berpotensi merusak politik terhadap pemerintahan dan keluarganya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Penyebab Nancy Pelosi Mundur dari Jabatan Ketua DPR AS”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya