SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta–
Pandangan mayoritas partai koalisi berbeda dengan pandangan PD yang menilai bailout Bank Century adalah langkah yang tepat. Partai koalisi PD dinilai mulai membelot.

“Partai koalisi mulai membelot untuk kepentingan masing-masing. Mereka punya target sendiri-sendiri,” kata pengamat politik Universitas Indonesia Arbi Sanit, Selasa (9/2).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Arbi melihat partai koalisi sengaja membelot untuk memperoleh dukungan masyarakat. Jika sudah mendapat dukungan, di kesimpulan akhir fraksi nanti, partai koalisi akan menunjuk hidung target mereka.

“Ini kan politisasi, aneh, sengaja membelot untuk menarik simpati masyarakat. Kalau sudah, mereka akan dianggap benar saat menembak target nanti,” analisis Arbi.

Target masing-masing partai pun bervariasi. Menurut Arbi, ada yang  sekadar menuntaskan dendam pribadi hingga obsesi menggulingkan pemerintahan.

“Targetnya Sri Mulyani dan Boediono di level atas, itu yang ke proses politik. Direktur-direktur dibawa ke KPK,” jelas Arbi.

Partai yang paling kuat keinginannya, menurut Arbi, adalah Partai Golkar. Arbi melihat  Golkar punya ambisi.

“Kalau Golkar, SBY targetnya. Karena dia memanfaatkan angket ini untuk membalas kekalahannya di pemilu,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan beberapa fraksi koalisi berbeda pendapat dengan PD terkait mekanisme merger, Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek, dan penanaman modal asing (PMA) Bank Century. FPG, FPAN, FPPP, dan FPKS bahkan mencium ada pelanggaran hukum dan korupsi. Sementara FPKB bermain aman menuding kesalahan pengawasan BI.

Sementara itu di oposisi, PDIP, Gerindra dan Hanura sama-sama keras memandang bailout tidak berdasar hukum. Hanura menyebut 10 instansi terindikasi melakukan korupsi.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya