SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi: courtsy inilah.com/google image

Ilustrasi: courtsy inilah.com/google image

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

JAKARTA — Fenomena kader ‘kutu loncat’ dari parpol satu ke parpol lainnya diprediksi akan meningkat menjelang pemilu 2014. Parpol yang menjadi tujuan politisi kutu loncat, seharusnya bisa selektif dan hanya menerima politisi yang bersih.

“Seharusnya diseleksi juga, jangan yang berkasus yang diterima,” imbuhnya.

Motif uang kerap disebut menjadi salah satu alasan banyaknya politikus ‘kutu loncat’. Langkah Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang memodali calegnya Rp 5miliar – Rp10 miliar disebut memicu banyaknya politisi kutu loncat. Langkah ini kerap dinilai negatif, namun langkah juga disebut memiliki nilai positif.

“Sebetulnya positif, tapi positif dalam arti proses transaksi politiknya. Karena kalau seorang kader membiayai sendiri biaya pencalegan itu sangat mahal,” kata Gun Gun saat berbincang dengan wartawan, Minggu (22/7/2012).

Gun Gun mengatakan, dengan dibiayai oleh parpol, maka seorang caleg tak perlu merasa harus balik modal. Sehingga, dia menambahkan, kinerja seorang caleg bisa maksimal.

“Jika logika ekonomi berjalan, jabatan akan jadi prioritas. Oleh karena itu terjadilah korupsi politik karena sudah mengeluarkan cost, dan cost politik itu harus diganti,” paparnya. JIBI/SOLOPOS/Detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya