SOLOPOS.COM - (nationalgeographic.co.id)

(nationalgeographic.co.id)

Pasadena (Solopos.com)–Kabar mengejutkan dari dunia astronomi. Para astronom dikabarkan menemukan 18 planet asing baru. Semua planet tersebut berukuran hampir sama dengan planet Jupiter alias lebih besar dibanding bumi. Wow!

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Penemuan tersebut menambah jumlah planet baru yang sebelumnya pernah ditemukan para astronom. Kata seorang peneliti seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (3/12/2011)  para astronom harus bisa lebih memahami bagaimana planet-planet raksasa terbentuk di dalam tata surya.

Keberadaan planet baru tersebut hanya selang beberapa bulan setelah tim yang berbeda menemukan 50 planet baru, termasuk satu planet berbatu. Itu berarti telah ada sekitar 700 planet baru yang berhasil ditemukan dan angka tersebut bisa saja terus meningkat.

Para peneliti mensurvei sekitar 300 bintang dengan menggunakan Observatorium di Hawaii dan instrumen di Texas dan Arizona. Mereka fokus mencari bintang yang berukuran setidaknya 1,5 kali lipat lebih besar ketimbang bumi.

Tim meneliti bintang-bintang, mencari pergeseran yang disebabkan oleh tarikan gravitasi planet yang mengorbit. Dari proses inilah para astronom menemukan 18 planet asing baru dengan massa serupa planet Jupiter.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya