SOLOPOS.COM - Gedung Rektorat UNS Solo. (Instagram/@uns.official)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dipastikan tetap berjalan meski panitia dari unsur mahasiswa atau Panitia Generasi Universitas Sebelas Maret (UNS) 2023 mengundurkan diri.

Panitia Generasi UNS 2023 menyatakan mundur lantaran dua kegiatan yang menjadi serangkaian PKKMB yakni Rekor Muri dan Student Vaganza dibatalkan oleh pihak rektorat. Meski panitia unsur mahasiswa mundur, Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS Solo, Ahmad Yunus menjamin pelaksanaan PKKMB berjalan sesuai rencana.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“PKKMB tetap berjalan, kami sudah koordinasi dengan panitia, pengawas PKKMB dan orang tua mahasiswa baru,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (19/8/2023). Meski Panitia Generasi UNS 2023  mundur dari keterlibatannya di dalam pelaksanaan PKKMB UNS 2023, hal itu tidak menjadi masalah. Pasalnya kepanitiaan unsur mahasiswa hanya bersifat membantu.

“Pedoman Dikti, panitia PKKMB Universitas tidak ada dari mahasiswa, hanya dosen dan Tendik [Tenaga Kependidikan]. Mahasiswa sifatnya hanya membantu, kami sudah menyiapkan sejak awal dengan para Dekan, Wakil Dekan I, dan Tendik. Insya Allah berjalan sesuai rencana,” kata dia.

Ketika dikonfirmasi terkait alasan dibatalkannya Rekor Muri dan Student Vaganza, Yunus menyebut PKKMB hanya berlangsung selama tiga hari. Ketika ditanya alasan pembatalan terkait tidak cukupnya waktu pelaksanaan, pihaknya tidak mengelak.

“PKKMB hanya tiga hari [dari] tanggal 21, 22, dan 23 Agustus. [Lalu] tanggal 24, 25 Agustus [dilaksanakan] Ekspo UKM [Unit Kegiatan Mahasiwa] fakultas yang menyelenggarakan. Tanggal 2-3 September Ekspo UKM Universitas,” kata dia.

Dia mengatakan pelaksanaan Ekspo UKM tersebut bisa mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 dan IKU 2 yang ditetapkan Kemendikbudristek. IKU 1 berkaitan dengan lulusan mendapat pekerjaan yang layak. Sedangkan IKU 2 menyebut mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Dia menyebut hal itu merupakan hasil keputusan dari Rapat Kerja Pimpinan Universitas (RKPU) UNS. Rapat itu biasanya diikuti oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan kepala UPT. “Itu Keputusan RKPU, UNS mengutamakan kegiatan yang mendukung keberhasilan IKU Kementerian,” kata dia.

Sebelumnya, PKKMB UNS Solo unsur mahasiswa mengundurkan diri. Kepanitiaan yang bernama Generasi UNS 2023 itu mundur buntut dibatalkannya Rekor Muri dan Student Vaganza dalam rangka apresiasi mahasiswa baru UNS 2023 pada 14 Agustus 2023.

Hal itu dikonfirmasi oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang juga sebagai steering committee (SC) Generasi UNS Solo, Hilmi Ash Shidiqi. Dia mengatakan pengunduran diri itu merupakan bentuk kekecewaan karena kegiatan Rekor Muri dan Student Vaganza dibatalkan sepihak oleh pihak rektorat.

“Kita merasa kecewa karena kita sudah persiapan matang, kita sudah undang bintang tamu, akan tetapi dibatalkan secara sepihak, maka dari itu ada satu sikap kekecewaan dengan menarik diri dari PKKMB UNS 2023,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu (19/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya