News
Minggu, 12 November 2023 - 15:23 WIB

Panglima TNI Yudo Margono Mutasi 105 Pati, Ada Wakil KSAD dan Waka BIN

Anshary Madya Sukma  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan usai membuka latihan bersama ASEAN Solidarity Exercise 01 Natuna di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (19/92023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Solopos.com, JAKARTA — Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono telah melakukan mutasi terhadap 105 perwira tinggi di struktur jabatan TNI. 

Mutasi tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang diteken Kamis (9/11/2023). 

Advertisement

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen TNI), Julius Widjono menyampaikan mutasi yang dapat mengoptimalkan tugas pokok TNI itu terdiri dari tiga matra angkatan, mulai dari AD hingga AU. 

“Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 105 Pati TNI terdiri dari 56 Pati TNI AD, 37 Pati TNI AL dan 12 Pati TNI AU,” ujar Julius dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (12/11/2023) via Bisnis.com

Dalam SK itu, Panglima Yudo menunjuk Letjen Arif Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Dankodiklatad menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) mendampingi Agus Subiyanto yang baru dipromosikan menjadi KSAD. 

Advertisement

Adapun, TNI juga menunjuk Letjen I Nyoman Cantiasa menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN). 

Jabatan lama Nyoman yakni Koorsahli KSAD, kali akan diisi oleh Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya merupakan Asintel Panglima TNI. 

Selain alasan pengoptimalan kinerja TNI, mutasi juga dilakukan untuk mengisi sejumlah posisi kosong yang ditinggalkan oleh pejabat TNI yang mulai memasuki masa pensiun. 

Advertisement

Sebagai informasi, saat ini TNI juga tengah melakukan persiapan untuk pergantian panglima TNI baru. Adapun calon pengganti Laksamana Yudo adalah Jenderal Agus Subiyanto.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Panglima Yudo Mutasi 105 Pati, ada Wakil KSAD dan Waka BIN”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif