SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran menyemprotkan air ke arah panel listrik pada bangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar yang terbakar, Rabu (30/3/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Panel listrik pada bangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, terbakar, Rabu (30/3/2022). Dampaknya, pompa tak berfungsi, pasokan air untuk sekitar 130 keluarga terganggu.

Kepala Desa (Kades) Kaliboto, Heriyono, mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu salah seorang warga melihat ada kepulan asap dari panel listrik di tempat penampungan air tersebut.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Lokasi Pamsimas ada di dekat lapangan desa. Sekitar jam 08.30 WIB terlihat ada kepulan asap lalu saya dikabari langsung ke sana melihat apa yang terjadi. Ternyata panel listriknya yang terbakar. Mungkin karena korsleting,” ujarnya.

Baca Juga: Canggih, Kualitas Air Pamsimas Plosorejo Bisa Dipantau via Smartphone

Ia langsung menghubungi Pemadam Kebakaran Karanganyar untuk mengantisipasi kobaran api yang lebih besar. Selain itu, karena kebakaran tersebut berkaitan dengan listrik, pihaknya juga menghubungi pihak PLN. “Alhamdulillah tadi dari Polsek dan Koramil Mojogedang juga ke sini untuk membantu,” imbuhnya.

Kebakaran tersebut mengganggu pasokan air bersih kepada 130 keluarga. Untuk menghindari gangguan lebih lama, panel listrik Pamsimas yang terbakar langsung diperbaiki.

“Sementara airnya tidak mengalir. Tapi tadi begitu api padam langsung dilakukan perbaikan supaya secepatnya bisa digunakan lagi. Mudah-mudahan nanti malam sudah bisa berfungsi lagi,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya