SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua tengah), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan (kiri) bergandeng tangan pada Apel Siaga Perubahan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/7/2023). Kegiatan yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan Partai NasDem tersebut beragendakan orasi politik dan konsolidasi internal partai. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nz

Solopos.com, JAKARTA — Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang berisi tiga partai yakin Anies Baswedan bisa memenangi Pilpres 2024 meski tak ada tambahan anggota koalisi lagi.

Pencapresan Anies didukung oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Terbaru, PAN memastikan takkan mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang.

Saat ini tinggal dua parpol parlemen yang tak punya koalisi pasti yaitu Partai Golkar dan PAN.

Sebenarnya Golkar dan PAN sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) namun koalisi tersebut mati suri usai ditinggal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merapat ke barisan PDIP pendukung Ganjar Pranowo.

Golkar dan PAN memastikan tidak akan mendukung pencapresan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Keduanya hanya membuka kemungkinan mendukung bakal calon presiden dari Gerindra Prabowo Subianto atau dari PDIP Ganjar Pranowo.

Meski tak didukung PAN atau Golkar, KPP yakin Anies bisa tetap memenangi Pilpres 2024 hanya dengan dukungan tiga parpol.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim yakin tiga parpol yang sudah tergabung dalam KPP solid memenangkan Anies di Pilpres 2024.

Taslim yakin Nasdem, Demokrat, dan PKS bisa bersama-sama membawa Anies jadi presiden selanjutnya meski tanpa dukungan parpol parlemen lainnya.

“Intinya kita sudah 28 persen [lewati syarat ambang batas pencalonan presiden 20 persen]. Tiga partai yang teguh pada prinsip, tidak asal-asalan, tidak membebek,” ungkap Taslim saat dihubungi, Selasa (8/8/2023).

Terkait keputusan Golkar dan PAN, dia menyatakan masing-masing partai memang punya kebebasan menentukan langkah politiknya.

Oleh sebab itu, Nasdem tak bisa mengatur Golkar ataupun PAN.

“Biar saja itu kan sikap mereka,” ucap Taslim.

Sementara, Demokrat masih yakin bakal calon presiden pilihannya, Anies Baswedan, punya peluang besar memenangkan Pilpres 2024 meski hanya didukung tiga partai politik.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menjelaskan, keyakinan itu tercermin dari sikap partainya yang masih setia di Koalisi Perubahan.

“Yakin. Kalau tidak yakin, jangan bareng Koalisi Perubahan berjuangnya,” ucap Herzaky saat dihubungi, Selasa (8/8/2023).

Demokrat, lanjutnya, juga tak keberatan apabila PAN dan Golkar menutup pintu untuk dukung Anies.

Dia menggarisbawahi setiap parpol punya hak untuk tentukan sikap politik masing-masing.

Herzaky bahkan memuji sikap PAN dan Golkar. Menurutnya, kedua partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi itu telah menunjukkan sikap tegas.

“Apalagi kalau memang tidak punya semangat melakukan perubahan dan perbaikan, janganlah dipaksa-paksa bergabung. Semangatnya beda, jiwanya beda. Nanti malah pecah di dalam. Sudah tepat itu langkah teman-teman [PAN dan Golkar],” ungkapnya.

Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri juga yakin Anies bisa memenangi Pilpres 2024 hanya dengan dukungan PKS, Nasdem, dan Demokrat saja.

Dia menegaskan, yang terpenting bukan dukungan parpol namun dukungan masyarakat.

“Yang penting dukungan rakyat banyak,” ujar Mabruri saat dihubungi, Selasa (8/8/2023).



PKS, lanjutnya, juga hormati keputusan Golkar dan PAN meski tak akan dukung Anies di Pilpres 2024.

Menurutnya, dalam iklim demokrasi semua pihak bebas menentukan pilihan politik.

“Enggak jadi masalah sih. Kan memang bebas saja setiap partai politik punya pilihan capres masing-masing. Hakikat demokrasi kan memang berbeda beda,” jelas Mabruri.

Dia hanya memberi catatan, yang terpenting setiap partai bisa menentukan arah politiknya tanpa paksaan dan sesuai aturan main yang berlaku.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “NasDem Cs Yakin Capres Anies Bisa Menangkan Pilpres 2024 meski Hanya Didukung 3 Parpol”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya