SOLOPOS.COM - Kepulauan Derawan sebagai Pristine Island di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. (Istimewa/kaltimprov.go.id)

Solopos.com, BERAU — Kepulauan Derawan disebut-sebut sebagai Pristine Island karena pesonanya yang masih mempertahankan keasrian lingkungan darat maupun lautnya.

Kepulauan ini terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua, dan Biruk Biduk, Berau.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dilansir dari dispar.kaltimprov.go.id yang diakses pada Sabtu (22/7/2023), untuk menuju ke Kepulauan Derawan, pengunjung dapat langsung terbang menggunakan pesawat ke Tarakan. Lalu disambung dengan angkutan umum ke Pelabuhan Tengkayu Tarakan dan dilanjutkan menggunakan speedboat ke Pulau Derawan.

Pilihan kedua untuk menuju ke Kepulauan Derawan adalah terbang menggunakan pesawat ke Berau lalu disambung perjalanan darat menggunakan mobil selama 2,5-3 jam ke Pelabuhan Tanjung Batu. Berikutnya dilanjutkan menggunakan speedboat selama 30-45 menit ke Pulau Derawan.

Secara geografis, Kepulauan Derawan terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau, yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua, dan Pulau Derawan.

Kabupaten Berau juga memiliki beberapa gosong karang, yaitu Muaras, Pinaka, Buliulin, Masimbung, dan Tababinga.

Kepulauan Derawan memiliki ekosistem yang sangat penting dan dilindungi. Ekosistem tersebut di antaranya yaitu terumbu karang, padang lamun, dan hutan mangrove. Beberapa hewan juga dilindungi dan dilestarikan di Kepulauan Derawan, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa duyung atau duging, ikan barakuda, dan lainnya.

Air laut yang berwarna hijau dengan bingkai pasir pantai berwarna putih dapat memanjakan mata dengan hanya memandangnya. Pengunjung dapat menikmati bermain air laut yang segar dan pasir putih yang lembut di bibir pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi ikan-ikan di bawah laut yang memesona keindahannya dengan snorkeling. Ikan karang yang ada di Kepulauan Derawan ini mencapai 832 spesies dan diperkirakan ada 1.051 spesies yang hidup di perairan Berau. Jenis spesies yang paling banyak ada yaitu gobes, wrasses, dan damselfishes.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat bagaimana proses penyu yang ada di Kepulauan Derawan bertelur pada malam hari. Penyu ini dapat ditemukan di Pulau Panjang, Derawan, Semama, Sangalaki, dan Maratua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya