SOLOPOS.COM - Sekwan DPRD Provinsi Banten membeli mobil pajero sport jadi ambulans untuk anggota dewan dan masyarakat Banten. (Solopos/Antara)

Solopos.com, SERANG — Pembelian mobil unit Pajero Sport DPRD Provinsi Banten dengan anggaran Rp900 juta untuk disulap menjadi ambulans berfungsi untuk memudahkan evakuasi.

Hal itu disampaikan Sekretariat DPRD Banten, Deden Apriandhi, yang menyebut ambulans Pajero Sport lebih memudahkan evakuasi dibandingkan spesifikasi lain.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Tingkat kecelakaan di Ruas Jalan Palima – Boru masih sangat tinggi dan selalu sulit untuk evakuasi karena pergerakan ambulans dari rumah sakit dan klinik terdekat cukup kesulitan,” terangnya, Rabu (10/5/2023), mengutip Antara.

Kendati begitu, DPRD Banten menjadi sorotan usai menyulap Pajero Sport menjadi ambulans. Mengingat, mobil yang secara retail dijual mulai Rp577,6 juta hingga Rp735,6 juta tersebut diperoleh berdasarkan anggaran APBD 2023 sekitar Rp900 juta.

Ruas Jalan Palima – Boru juga diketahui kerap terjadi kecelakaan lalu lintas maut. Informasi yang dihimpun Solopos.com, ruas tersebut rawan kecelakaan karena ada beberapa titik penyempitan dan minim penerangan jalan.

Deden melanjutkan dilihat dari spesifikasi di dalamnya, unit ambulans Pajero Sport berbeda dari merek lainnya.

Kelebihannya memiliki alat-alat medis diantaranya elektrokardiogram (EKG) atau rekam jantung, alat sirkulasi oksigen, dan darah, selang oksigen, serta lampu operasi.

Pajero Sport merupakan mobil keluaran Mitsubishi yang masuk kelas menengah. Jamaknya, ambulans menggunakan jenis L300 yang diketahui memiliki harga lebih miring antara Rp350 juta hingga maksimal Rp500 juta, tergantung spesifikasi yang diinginkan.

Mengutip laman konsultan-mitsubishi.com, unit ambulans Mitsubishi L300 bukan Pajero Sport, menjadi yang paling banyak diburu dengan berbagai alasan.

Di antaranya, ruang kabin ambulans paling lega sehingga dokter dan tenaga medis di dalamnya bisa lebih leluasa dalam memberikan penanganan medis pra-rumah sakit kepada pasien.

Mesin mobil ambulans L300 juga terkenal bandel dan tahan lama serta suku cadangnya mudah didapat sehingga masa pemakaian mobil ambulance akan menjadi lebih lama.

Daya jelajah mobil ambulans L300 paling unggul sehingga bisa diandalkan untuk mengantarkan pasien ke rumah sakit rujukan yang jaraknya cukup jauh.

Kemampuan melewati medan sulit telah teruji sehingga bisa memberikan layanan di pelosok-pelosok pedesaan.

Jaringan bengkel resmi Mitsubishi yang cukup luas memudahkan perawatan mobil ambulance L300 dimanapun berada.

Sementara mengutip Carmudi.co.id, unit Pajero Sport dirancang untuk kenyamanan penumpang. Paling anyar, seri Pajero Sport diluncurkan pada 2021.

Pajero Sport keluaran 2021 dirancang dengan dimensi memiliki ukuran yang sama untuk semua tipenya dengan ukuran panjang 4.825 milimeter, lebar 1.815 milimeter, tinggi 1.835 milimeter, dan ground clearance (jarak terendah ke tanah) 218 milimeter.

 

Sumber: Antara, Carmudi, Konsultan-Mitsubishi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya