SOLOPOS.COM - Pagoda Sata-Sahasra Buddha di kompleks Vihara Avalokitesvara??????, Kota Tanjungpinang. (Antara)

Solopos.com, TANJUNGPINANG — Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Supriyadi pada Sabtu (8/7/2023) meresmikan Pagoda Sata-Sahasra Buddha di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, yang tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

“Kami sangat apresiasi, setelah lebih kurang tujuh tahun akhirnya terwujud pagoda yang indah dan megah ini,” kata Supriyadi pada acara peresmian pagoda yang ditandai dengan pemotongan pita dan pertunjukan barongsai.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Pagoda Sata-Sahasra Buddha di kompleks Vihara Avalokitesvara, Kota Tanjungpinang, memiliki panjang 52 meter, lebar 32 meter, dan tinggi 46,8 meter.

“Memang layak jadi pagoda tertinggi dan dapat rekor MURI,” kata Supriyadi. 

Dia berharap pagoda yang berdiri di area seluas 10 hektare lebih itu bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Buddha serta sarana untuk membangun kerukunan antar-umat beragama.

“Jadikan pagoda sebagai pusat kegiatan keagamaan, tempat meditasi, penghormatan, dan penyembahan, sehingga muncul motivasi dan spirit yang tinggi bagi umat beragama Budhha,” katanya.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha di kompleks Vihara Avalokitesvara di Jalan WR Supratman Kilometer 14 Kota Tanjungpinang dikelola oleh Yayasan Maitri Paramitha.

Menurut Pemilik Yayasan Maitri Paramitha Hengky Suryawan, pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha berlangsung sekitar tujuh tahun mulai dari Juni 2016 sampai Juni 2023.

Pagoda yang dibangun dengan biaya sekitar Rp100 miliar itu terdiri atas sembilan lantai. Dindingnya dipasangi 20.708 keping keramik dengan motif patung Buddha yang dipesan khusus dari China.

“Kami dapat rekor MURI untuk pagoda tertinggi di Indonesia, yakni 46,8 meter, dan pagoda dengan pemasangan keramik motif Buddha terbanyak, yaitu 20.708 keping,” kata Hengky.

Menurut dia, Pagoda Sata-Sahasra Buddha dapat menampung sekitar 2.000 pemeluk Buddha dalam kegiatan persembahyangan.

Wisatawan dari dalam maupun luar negeri juga bisa mengunjungi Pagoda Sata-Sahasra Buddha. Apalagi kompleks Vihara Avalokitesvara tempat pagoda itu berada sudah menjadi satu tujuan wisata warga lokal di Pulau Bintan.

Hengky menyampaikan bahwa sebelum pandemi Covid-19 wisatawan yang mengunjungi vihara tersebut bisa sampai delapan bus dalam sehari.

“Di dalam Vihara Avalokitesvara terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter dan meraih predikat tertinggi se-Asia Tenggara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya