SOLOPOS.COM - Jamaah Tarekat Syattariyah bersiap melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan Desa Peuleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Kamis (20/4/2023). Sebagian umat muslim di daerah tersebut melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah lebih awal dari jadwal yang ditetapkan pemerintah. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

Solopos.com, NAGAN RAYA — Ribuan umat Islam pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pada Kamis (20/4/2023) pagi telah melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Kompleks Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, kabupaten setempat.

“Pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri hari ini setelah kami melakukan hisab dengan metode bilangan lima,” kata Teuku Raja Keumangan, cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, di Nagan Raya, Kamis.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Ia menjelaskan, Thariqat Syattariyah yang sebelumnya diperkenalkan oleh Abu Habib Muda Seunagan tersebut selama ini diikuti oleh ribuan umat Islam di Kabupaten Nagan Raya.

Selain di Nagan Raya, kata dia, pengikut Thariqat Syattariyah juga tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh, di antaranya Kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara. Mereka pada Kamis pagi juga telah melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri.

Teuku Raja Keumangan mengatakan Thariqat Syattariyah tersebut sudah ada di Aceh sejak 200 tahun silam.

Meskipun pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah sering dilaksanakan berbeda dengan umat Islam lainnya di Aceh, Teuku Raja Keumangan mengatakan hal tersebut selama ini tidak menjadi persoalan di masyarakat.

“Kalau di Aceh Barat dan Nagan Raya selama ini tidak ada masalah (berbeda merayakan Lebaran),” kata Teuku Raja Keumangan.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya