SOLOPOS.COM - Paduan suara SMP dan SMA Kristen Satya Wacana, Seraphim Teenager Choir (STC).(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Torehan prestasi dipersembahkan oleh paduan suara SMP dan SMA Kristen Satya Wacana Salatiga, Seraphim Teenager Choir (STC) dan Mellifluous Youth Choir (MYC) belum lama ini. Melalui ajang 11th Sapta Gita Choral Festival (SGCF) 2024 di Universitas Semarang, dua medali kebanggaan berhasil mereka raih.

Medali emas sukses diborong MYC di kategori Mix Youth. Dipimpin oleh konduktor Raditya Setya Jati, M.Pd., total poin 81.53 mereka capai lewat penampilan lagu If Ye Love Me, Bird of Paradise, dan Ain’t No Grave Can Hold My Body Down.

Sedangkan capaian gemilang lainnya di kategori Teenager, mengantar STC pada perolehan medali perak dibawah pimpinan konduktor Sepnath Yambres Leunupun, S.Si Teol. Lagu-lagu yang ditampilkan kala itu adalah Desaku, Exultate, dan Kuimba.

Raditya mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pencapaian tidak lepas dari rangkaian latihan intensif selama kurang lebih tiga bulan bersama 35 murid SMA Satya Wacana di MYC.

“Kami mempersiapkan diri dengan berbagai model latihan. Mulai dari latihan teori musik untuk mendalami karakter masing-masing lagu, olah vokal, koreo, dan latihan karakter pembawaan lagu,” ucapnya, Senin (3/6/2024).

Paduan suara SMA Kristen Satya Wacana, Mellifluous Youth Choir (MYC).(Istimewa)

Paduan suara SMA Kristen Satya Wacana, Mellifluous Youth Choir (MYC).(Istimewa)

Dia mengatakan MYC telah banyak menyumbangkan medali lewat berbagai kompetisi bergengsi. Salah satunya di 12th Bali International Choir Festival, medali emas dan perak berhasil mereka raih di kategori Pop and Jazz dan Musica Sacra. Pada taraf internasional lainnya, medali perak kembali diborong pada kompetisi 6th Karangturi International Choir Competition 2024 lalu.

Dengan tambahan prestasi peraihan medali emas di SGCF 2024, Raditya berharap MYC dapat terus bersinergi dan semakin aktif untuk menyumbangkan banyak prestasi. “Ini sebagai modal baik bagi semangat kami untuk mempersiapkan diri pada kompetisi mendatang, September 2024 di Jakarta, yaitu Penabur International Choir Festival 2024,” tambahnya.

Sedangkan bagi STC, SGCF 2024 merupakan kompetisi pertama bagi paduan suara yang terdiri dari 40 murid SMP Satya Wacana ini. Rasa senang diungkapkan oleh konduktor Sepnath, mensyukuri perolehan medali sebagai langkah awal yang membanggakan untuk debut STC.

“STC merupakan paduan suara pemula dengan masa persiapan kurang lebih tiga bulan, tapi mereka mampu meraih medali perak. Tentu ini dapat memberi semangat bagi mereka untuk terus berproses menjadi lebih baik ke depannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dengan motto “Flap Your Wing’s”, Sepnath menyampaikan komitmen STC untuk mengembangkan bakat melalui latihan rutin dan partisipasi dalam berbagai kompetisi. Lebih lanjut, ia berharap STC juga mampu menciptakan bibit unggul dalam dunia seni paduan suara dengan daya saing di tingkat nasional maupun internasional.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya