SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

OSN SMA 2015 tingkat Jateng digelar pekan ini. Solo mengirim 67 peserta, 1 di antaranya siswa SMP.

Solopos.com, SOLO – Kota Solo menjadi daerah yang terbanyak meloloskan peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2015 tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Tercatat, ada 67 siswa yang berhasil melaju dalam kompetisi bidang sains tersebut.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, Solo menjadi daerah yang paling banyak mengirimkan kontingen, ada 67 siswa,” jelas koordinator penyelenggara OSN SMA tingkat kota, Harminingsih, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/3/2015).

Dari jumlah tersebut, menurutnya, ada satu siswa yang berasal dari SMP Kristen Kalam Kudus. Satu siswa SMP tersebut berhasil menyingkirkan ratusan siswa SMA saat seleksi OSN tingkat kota beberapa waktu yang lalu.

Sementara, tuan rumah penyelenggara OSN tingkat kota, SMAN 6 Solo berhasil meloloskan tiga siswa ke provinsi.

Harminingsih memaparkan 67 siswa asal Solo tersebut bertarung di tingkat provinsi pada Selasa-Kamis (17-19/3/2015). Dia berharap Solo bisa menjadi juara umum dalam ajang bergengsi tersebut.

Sementara, Kepala SMP Kristen Kalam Kudus Solo, Riana Setiadi, mengatakan siswanya yang berhasil lolos dalam OSN SMA 2015 tersebut adalah Otto Alexander Sutianto. Menurutnya, siswa tersebut memang sangat aktif dalam mengikuti berbagai macam kompetisi.

“Meski sekarang Otto kelas IX, orang tuanya dan sekolah tetap mendukungnya untuk mengikuti kompetisi itu. Bahkan, Otto yang sering aktif mencari berbagai lomba dan memberitahukan ke sekolah,” paparnya.

Sebelumnya, Otto adalah merupakan peraih medali perak dalam ajang OSN SMP tingkat nasional yang digelar di Padang, Sumatera Barat pada 2014. Selain itu, dia juga pernah menyabet medali emas dalam ajang International Mathematic Competition (IMC) 2014 di Daejon, Korea Selatan pada 2014.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 538 siswa yang mengikuti OSN tingkat kota. Dalam kompetisi tersebut, ada sembilan mapel yang dilombakan, yakni Ekonomi, Astronomi, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Komputer, Geografi dan Kebumian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya