SOLOPOS.COM - Emma Morano saat merayakan ultah 117 tahun (Reuters)

Orang tertua di dunia, Emma Morano meninggal di usia 117 tahun.

Solopos.com, SOLO – Orang tertua di dunia, Emma Morano yang tercatat sebagai orang tertua di dunia meninggal dunia di usia 117 tahun. Menurut dokter Carlo Bava yang telah menanganinya, Emma meninggal pada Sabtu (15/4/2017) dalam posisi duduk di kursi rumahnya, di Verbania, tepi Danau Maggiore, Italia. Bava

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dia mengaku saat itu sempat berbincang dan memegang tangan Morano, seperti yang biasanya. “Dia berterima kasih kepada saya dan memegang tangan saya,” ungkap Bava sebagaimana dikabarkan Antara dari The Guardian, Senin (17/4/2017).

Morano lahir pada 29 November 1899 di Civiasco, wilayah Piedmont, Italia utara. Merupakan tahun yang sama, saat Guglielmo Marconi kali pertama mentransmisikan sinyal radio melintasi Selat dan empat tahun sebelum Wright bersaudara “menggapai” angkasa.

Morano merasakan hidup selama dua perang dunia (perang dunia pertama dan kedua), serta menyaksikan lebih dari 90 pemerintahan Italia. Dia menyaksikan dan merasakan referendum mendasar Italia menjadi Republik Italia pada 2 Februari 1946, menandai akhir kekuasaan Raja Victor Emmanuel III.

Pada hari ulang tahun terakhirnya, dia sempat menceritakan pengalaman hidupnya, mulai dari Perang Dunia I dan II, pekerjaannya di pabrik pembuatan karung goni dan keputusannya bercerai dari suami yang kasar.

Morano secara resmi diakui sebagai orang tertua di dunia setelah Susannah Mushatt Jones meninggal di New York pada Mei tahun lalu. Selain Morano, anggota keluarganya yang lain juga tercatat berumur panjang. Ibunya, seorang bibi dan beberapa saudara Morano mencapai usia 90 tahun, salah satunya Angela Morano yang meninggal pada usia 102 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya