SOLOPOS.COM - Bos Dalian Wanda Group, Wang Jianlin (JIBI/Reuters/Tyrone Siu)

Orang terkaya versi Forbes di Asia kini dinobatkan kepada pengusaha Tiongkok, Wang Jianlin.

Solopos.com, BEIJING – Bos Dalian Wanda Group, Wang Jianlin, akhirnya berhasil menjadi orang terkaya nomor satu di Asia. Dengan harta kekayaan US$36,2 miliar atau setara Rp470 triliun Wang berhasil mengalahkan orang terkaya se-Asia sebelumnya, Li Ka-Shing.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Catatan Forbes, Selasa (12/5/2015), perusahaan Wang bergerak di berbagai macam bisnis dari real estate, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah. Saat ini Wang juga menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Pada Agustus 2014 lalu, Wang bersama Baidu dan Tencent, mendirikan perusahaan e-commerce bernama Wanda E-Commerce, dan mengumumkan proyek investasi di Beverly Hills, Australia, dan Chicago. Pada Desember 2014, Wang mendapatkan US$3,7 miliar atau sekitar Rp44 triliun dari penjualan saham perusahaannya, bernama Wanda Commercial Properties, di bursa Hong Kong.

Dilansir Detik, Selasa, Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara Tiongkok. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di Tiongkok
Tiongkok merupakan negara dengan miliuner terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Kekayaan Wang di 2015 naik karena harga saham perusahaannya yang melonjak di pasar modal.

Kekayaan Wang mengalahkan harta Li Ka-shing yang mencapai US$ 34,1 miliar. Sejak 2001, posisi orang terkaya nomor satu di Asia dipegang oleh Li Ka-Shing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya