SOLOPOS.COM - Susilo Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam (Forbes.com)

Orang Indonesia terkaya 2015 telah dirilis Forbes.

Solopos.com, JAKARTA — Majalah bisnis dan finansial terbesar di Amerika Serikat (AS) Forbes awal Desember 2015 ini merilis daftar orang terkaya di dunia termasuk Indonesia. Lima besar orang Indonesia terkaya merupakan muka-muka lama. Jika ditotal nilai kekayaan lima bos ini mencapai Rp491 triliun.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Dikutip Liputan6, Minggu (13/12/2015), disebutkan lima kekayaan orang terkaya Indonesia mencapai US$36,4 miliar.

Peringkat pertama, masih dikuasai Keluarga Hartono, pemilik Djarum yang juga pemegang saham terbesar BCA. Budi Hartono berada diurutan pertama Indonesia dan 142 dunia. Jumlah kekayaannya mencapai Rp112,5 triliun. Michael Hartono adik Budi Hartono berada diurutan kedua dengan nilai kekayaan Rp108,75 triliun. Sama seperti kakaknya, kekayaan itu dari bisnis rokok dan perbankkan. Jika ditotal kekayaan keduanya mencapai US$16,5 miliar.

Peringkat kedua yakni pendiri perusahaan rokok Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo. Dengan nilai kekayaan US$5,5 miliar atau sekitar Rp74 triliun, dia dan keluarganya sukses mengelola bisnis rokok yang berpusat di Kediri.

Peringkat selanjutnya yakni  bos Indofood, Anthony Salim. mempunyai nama asli Liem Hong Sien, Anthony merupakan CEO Grup Salim. Kekayaannya mencapai US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 72,9 triliun. Salim Grup adalah perusahaan di balik suksesnya Indofood dengan banyak lini usaha.

Kemudian keempat, adalah Eka Tjipta Widjaja dan keluarga yang punya kekayaan US$ 5,3 miliar atau sekitar Rp 71,6 triliun. Mesin pencetak uang pengusaha ini adalah perusahaan sawit, Golden Agri Resources. Grup ini juga sudah mengakuisisi Berau Coal Energy dan mengepakkan sayapnya ke sektor tambang.

Kelima adalah pengusaha Chairul tanjung. Di bawah bendera CT Corpora, Chairul Tanjung sukses menggerakkan roda bisnisnya ke beberapa perusahaan seperti media Trans TV, Trans7, bank, ritel, dengan kekayaan US$ 4,7 miliar, atau sekitar Rp 63,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya