SOLOPOS.COM - Seorang anggota Sat Brimob Polda Kalbar mendampingi beberapa warga eks-Gafatar saat hendak dievakuasi dari permukiman mereka yang dibakar massa di kawasan Monton Panjang, Dusun Pangsuma, Desa Antibar, Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Selasa (19/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Jessica Helena Wuysang)

Orang hilang yang marak membuat ormas Gafatar terusir dari Mempawah. Kloter pemulangan eks Gafatar masih terus berlanjut ke Soekarno-Hatta.

Solopos.com, TANGERANG — Ratusan eks anggota ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Pontianak, Kalimantan Barat, telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), sejak Sabtu (23/1/2016) dini hari.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Mereka mulai diterbangkan menggunakan pesawat carteran Lion Air yang terbagi ke dalam dua kloter pemulangan dan tiba Bandara Soetta pada sekitar pukul 01.00 WIB. Baca juga: 350 Warga Eks Ormas Gafatar Telah Dikapalkan ke Semarang.

“Rinciannya pada kloter I JT 2711 pukul 01.15 WIB sebanyak 94 orang. Lalu kloter II, JT 2179 pada pukul 03.09 WIB dengan rincian 176 penumpang dewasa dan 4 balita. Selanjutnya kloter III, tiba pada pukul 05.10 WIB dengan jumlah penumpang 204,” kata Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Roycle Harry Langie, Sabtu (23/1/2016).

Sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta, wargaeks Gafatar tersebut langsung didata dan di bawa ke Rumah Perlindungan Trauma Centre dan Panti Sosial Bina Insan Cipayung milik Kementerian Sosial (Kemensos). Anggota eks Gafatar tersebut terbagi ke dalam dua kloter yang berasal dari Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Pemulangan didampingi Kemensos, Kodim 05/06, dan pengamanan bandara. Semuanya berjalan kondusif,” tegasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis/JIBI melalui surat elektronik, gelombang pemulangan ke Bandara Soetta masih akan berlanjut. Rencananya, sejumlah eks Gafatar dari Kalimantan akan segera dipulangkan ke daerah asal yang melewati Bandara Soetta, Tangerang, Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya