SOLOPOS.COM - Gedung parlemen Rumania di Bukarest, yang dibangun di zaman pemerintahan diktator Nicolae Ceausescu. (en.wikipedia.org)

Gedung parlemen Rumania di Bukarest, yang dibangun di zaman pemerintahan diktator Nicolae Ceausescu. (en.wikipedia.org)

Bukarest atau Bucure?ti dalam bahasa Rumania adalah ibukota Rumania yang sekaligus menjadi pusat perdagangan, budaya dan keuangan negeri Eropa Timur itu. Bukarest adalah kota terbesar Rumania yang terletak di sebelah tenggara negeri dan dibelah oleh Sungai Dambovita.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Nama Bukarest kali pertama muncul dalam catatan sejarah tahun 1459. Pada 24 Januari 1862, setelah kerajaan Wallachia dan Moldavia bersatu membentuk Kepangeranan Rumania, Bukarest menjadi ibukota negara baru itu, dan selanjutnysa menjadi ibukota Kerajaan Rumania di bawah pemerintahan Raja Carol I.

Berdasarkan data terakhir tahun 2011, kota ini dihuni 1.677.985 penduduk dan jika digabungkan dengan penduduk di wilayah pinggiran dan sub urban, jumlah penduduk totalnya lebih kurang 2,2 juta jiwa. Bukarest menjadi kota terbesar ke-10 di wilayah Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya