SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Sebuah prestasi berhasil diraih oleh tim Indonesia dengan merebut dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu dalam Olimpiade Fisika Asia 2012 (Asian Physics Olympiad-APhO 2012) di India tanggal 30 April-7 Mei, kata pelatih tim Indonesia, Prof Yohanes Surya.

“Tapi saya belum mendapat informasi nama-nama yang memperoleh medali,” kata Yohanes, yang juga pendiri APhO, di Jakarta, Senin.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Menurut dia, sejak APhO pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2000 peserta dari Indonesia selalu berprestasi.

Namun dia menuturkan, sejak beberapa tahun terakhir pelatih kesulitan merekrut siswa dengan bakat Fisika yang berasal dari daerah karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak memperbolehkan siswa yang memenangi Olimpiade Fisika Nasional mengikuti APhO.

“Mereka yang menang Olimpiade Fisika Nasional akan diikutkan Olimpiade Fisika Internasional, sehingga akhirnya kami hanya menyeleksi siswa dari sekolah yang beminat yang umumnya merupakan sekolah swasta besar,” kata dia. (Antara/nel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya