SOLOPOS.COM - Komjen Pol (Purn) Oegroseno, saat masih jadi Wakapolri (JIBI/dok)

Oegroseno, calon Wakapolri pengganti Nanan Sukarna (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Oegroseno, calon Wakapolri pengganti Nanan Sukarna (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri memastikan Komjen Pol Oegroseno sebagai Wakapolri baru pengganti Komjen Pol Nanan Sukarna yang pensiun pada 1 Agustus 2013.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Pengumuman pergantian orang nomor dua di jajaran korps Bayangkara itu disampaikan Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Agus Rianto di Jakarta, Kamis (1/8/2013), seiring terbitnya surat keputusan Kapolri No Kep 557/VII/2013 bertanggal 31 Juli.

Menurut Agus Rianto serah terima jabatan di antara Nanan dan Oegroseno akan dilaksanakan Jumat (2/8). Upacara itu rencananya dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Pengganti Komjen Oegroseno sebagai Kabaharkam, sambungnya, adalah Irjen Pol Badrodin Haiti yang saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi Polri. “Namun sertijab Kabaharkam menunggu perintah lanjut,” katanya.

Sementara itu, Badrodin mengaku akan melanjutkan program Oegroseno yang saat ini telah berjalan. “Saat ini saya juga masih sibuk menggelar Operasi Lilin di lapangan. Besok kami dorong 6005 personel dari Mabes Polri ke lapangan di jalur Pantura,” katanya.

Pergantian antara Badrodin dan Oegroseno ini mengalami peristiwa yang diputar balik. Pada 2010 lalu, Oegroseno pernah menggantikan Badrodin sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Saat itu Badrodin ditarik ke Mabes Polri untuk menjabat Kadiv Binkum dan Oegroseno saat itu meninggalkan posnya sebagai Kadiv Propam. Sebelumnya, seorang sumber di lingkungan Polri pernah mengatakan Oegroseno akan menggantikan Nanan.

“Positif, Pak Oegroseno jadi Wakapolri. Sertijab akan digelar pada Jumat besok sesaat setelah Kapolri Jenderal Timur Pradopo balik dari Malang,” kata sumber itu, Selasa (30/7/2013).

Sebelumnya, sejumlah nama jenderal bintang dua dan bintang tiga lainnya berpeluang menggantikan posisi Nanan, di antaranya Komjen Pol Sutarman, Komjen Pol Anang Iskandar, Irjen Pol Badrodin Haiti, dan Irjen Pol Putut Bayuseno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya