SOLOPOS.COM - Museum UGM yang terletak di Kompleks D-6-D7 Bulaksumur, Sleman (Galih Eko Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Obama ke Jogja direncanakan tiba hari ini

Harianjogja.com, JOGJA — Seperti banyak diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barrack Obama memiliki “ikatan” dengan Jogja. Selain memiliki keluarga di Daerah Istimewa ini, Barry kecil juga kerap menghabiskan masa liburan Lebaran di Jogja.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Ikatan ini terbentuk lantaran ibundanya, Ann Dunham, menikah dengan orang Indonesia, Dr. Soetoro. Di samping itu, Ann merupakan salah satu tokoh yang dinilai memiliki kontribusi besar untuk dunia antropologi.

Ann dan anaknya dari pernikahan pertama [Obama] dan kedua [adik tiri Barack Obama, Maya Soetoro] juga kerap bertandang ke Jogja. Selama di Jogja, mereka sering menghabiskan waktu di rumah dinas Iman Sutiknjo di Kompleks Bulaksumur, Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun Soetoro merupakan adik kandung dari istri Iman Sutiknjo.

Pada peringatan Dies Natalis UGM ke-64 tahun, tepatnya 19 Desember 2013, rumah dinas D-6 dan D-7 diresmikan sebagai

Museum UGM. Bangunan tersebut dirancang sebagai sebagai “ruang pamer” perjuangan tokoh UGM seperti Prof. dr. Sardjito, Prof Notonagoro Mubyarto dan lainnya. Kehadiran Museum UGM diharapkan dapat menjadi sarana mengenal jati diri UGM itu sendiri.

Dari dua rumah tersebut, ada sebuah ruang di bangunan D-7 yang menjadi “saksi” kehidupan keluarga Obama. Pasalnya Obama kecil kerap menghabiskan libur panjang puasa (1967-1971) di tempat tersebut.

Mengenai jadwal kunjungan Obama ke Jogja, UGM menyatakan belum mendapatkan kabar mengenai rencana mantan orang nomor satu di AS tersebut ke Kampus Biru.

“Sampai saat ini belum ada info Obama mas ke Museum UGM mas,” terang Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM Iva Ariani dalam pesan singkat kepada Harianjogja.com, Rabu (27/6/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya