SOLOPOS.COM - Menlu AS John Kerry (Telegraph.co.uk)

Nuklir Korea Utara disebut telah menjadi tantangan keamanan dunia.

Solopos.com, SOLO – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyebut program nuklir Korea Utara menjadi sebuah tantangan keamanan dunia. John Kerry kepada mendesak Tiongkok meningkatkan tekanannya menyusul uji nuklir terkini negara tetangganya itu.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Pembuatan nuklir Korea Utara menjadi salah satu masalah paling penting terkait keamanan Amerika Serikat, kata diplomat puncak Amerika Serikat itu kepada Wang Yi dalam pemberhentian terakhir kunjungannya ke negara Asia.

Pejabat Amerika Serikat sebelumnya menyatakan masalah itu akan menjadi yang utama dalam pembicaraan Kerry, dengan menambahkan bahwa Kerry tidak merahasiakan apa pun terkait keyakinannya bahwa terdapat hal lebih dapat Tiongkok lakukan untuk memberikan pengaruhnya terhadap Pyongyang.

Dikutip Antara dari AFP, Rabu (27/1/2016), Tiongkok adalah kepala pelindung diplomatik dan pemberi bantuan ekonomi Korea Utara, namun ikatan tersebut merenggang pada beberapa tahun belakangan saat kesabaran Beijing mulai menipis akibat keengganan Pyongyang mengekang nafsu nuklirnya.

Setelah uji terakhir pada 6 Januari, saat Pyongyang menyebutkan menguji bom hidrogen diperkecil, yang dibantah sejumlah pakar, Tiongkok mengatakan mereka sangat menentang ulah Korea Utara itu dan memanggil diplomatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya