SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Nuklir Korea Utara kembali diaktifkan.

Solopos.com, PYONGYANG — Korea Utara (Korut) menyatakan fasilitas nuklir utamanya  kembali beroperasi, termasuk reaktor nulir utama di Yongbyon yang ditutup 2007 lalu.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Direktur lembaga atom Korut mengatakan semua fasilitas nuklir di Yongbyon termasuk pabrik pengayaan uranium, dan 5 MW reaktor grafit-moderator diatur ulang. Semua mulai beroperasi normal.

“Jika AS dan negara lain terus-menerus menentang kebijakan DPRK [Republik Demokratik Rakyat Korea] dan bertindak buruk , DPRK  sepenuhnya siap untuk menghadapi mereka dengan senjata nuklir setiap saat,” kata kantor berita KCNA mengutip penuturan  direktur  lembaga atom yang tak disebutkan namanya seperti dilansir Reuters, Selasa (14/9/2015).

Ia menambahkan inovasi untuk mengembangkan  kualitas dan kuantitas senjata nuklir tengah dilakukan. Sementara Badan Antariksa Korut pada Senin (14/9/2015), malam mengatakan sebuah satelit baru siap diluncurkan. Hal itu mengindikasikan kemungkinan peluncuran misil balistik jarak jauh pada bulan depan.

Menurut website yang dijalankan oleh Insitut AS-Korea di Universitas Johns Hopkins, 38 North, citra satelit dari kompleks Yongbyon belum lama ini menunjukkan aktivitas baru di dua area yakni reaktor utama dan laboratorium kimia.

“Ini sudah hampir tiga tahun sejak uji coba nuklir mereka [Korut] yang terakhir dan sekarang mungkin sudah saatnya mereka menguji teknologi yang dikembangkan,” ucap Park Jiyoung,  dari Institut Asan untuk Studi Kebijakan di Seoul.

Korut yang geram atas latihan militer Korea Selatan (Korsel) dan AS  pada April 2013 menyatakan bakal kembali memulai aktivitas nuklirnya. Pyonyang menentang keras kegiatan yang mereka tuding sebagai latihan perang itu kerap melakukan uji coba penembakan rudal di tengah acara tahunan tersebut. Latihan militer gabungan AS-Korsel itu memang rutin mengundang respon kemarahan Korut meski Korsel mengatakan latihan itu merupakan latihan pertahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya