SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Reuters)

Nuklir Korea Utara menurut Kim Jong Un dibuat untuk pertahanan diri.

Solopos.com, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengatakan negaranya tidak akan menjadi yang pertama meluncurkan senjata nuklir.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Di depan delegasi para Pekerja Korea Utara di Kongres Partai akhir pekan ini, Kim mengatakan hanya akan meluncurkan senjata nuklir saat ada negara lain yang  terlebih dahulu menyerang mereka.

Kim Jong Un juga mengatakan siap meningkatkan hubungan dengan negara-negara lain yang selama ini menjadi musuh bagi negaranya. Kim menyerukan kepada Korea Selatan untuk mengurangi kesalahpahaman dan ketidakpercayaan antara dua negara. Ia mendesak kepada Amerika Serikat agar tak ikut campur dalam permasalahan dua negara ini.

“Republik kami adalah negara nuklir yang bertanggung jawab, karena kami telah membuat sebelumnya. Kami tidak akan menggunakan senjata nuklir pertama kecuali ada kekuatan musuh yang agresif menggunakan senjata nuklir untuk menyerang kedaulatan kami,” kata Kim dalam pidato yang disiarkan siaran radio negara KCA, sebagaimana dilansir Daily Mail, Minggu (8/5/2016).

Di kongres itu, Kim juga mengumumkan rencana pemerintah Korut dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Kim ingin mengembangkan ekonomi, meningkatkan pasokan listrik negara, dan meningkatkan produksi pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya