SOLOPOS.COM - POSISI TERAKHIR -- Posisi terakhir kota Solo atau yang dalam situs New7Wonders Cities disebut dengan nama Surakarta saat ini pada peringkat 22 di bawah Dili, Timor Leste. (www.n7w.com)

POSISI TERAKHIR -- Posisi terakhir kota Solo atau yang dalam situs New7Wonders Cities disebut dengan nama Surakarta saat ini pada peringkat 22 di bawah Dili, Timor Leste. (www.n7w.com)

SOLO — Pelaku wisata Solo akhirnya bergerak menyikapi melorotnya posisi Solo di ajang pemilihan tujuh kota ajaib dunia, New7Wonders Cities.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Bukan sekedar menyarankan atau sembarang gerak, Badan Promosi Pariwisata Indonesia Solo (BBPIS), Asita, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo sepakat memberikan dukungan nyata. Dalam rapat yang dihadiri kalangan pariwisata Jumat (11/5/2012) di kantor Disbudpar Solo, disepakati pelaku wisata akan melakukan setidaknya tiga langkah untuk mengerek posisi Solo.

Kepala BPPIS, Hidayatullah Al Banjari, mengatakan tiga langkah tersebut bertolak pada kesimpulan bahwa sosialisasi vote Solo di www.n7w.com belum sampai ke publik. Tiga langkah dimaksud adalah sosialisasi melalui Facebook, lewat selebaran yang disebar saat car free day, dan “menumpang” pada brosur promosi paket wisata yang dirilis agen perjalanan dan wisata.

“Tidak banyak yang tahu bahwa nama Solo dalam vote itu adalah Surakarta. Selain itu, sedikit yang tahu bahwa Surakarta di situs itu masuk wilayah South East Asia & Oceania, karena di situ ada 10 wilayah. Sosialisasi yang akan kami lakukan lebih pada cara vote,” terang Hidayat.

Dia juga menyebut, masyarakat yang ingin mendukung Solo harus pula mengerti bahasa Inggris, setidaknya pasif. Sebab, arahan dalam situs tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Mengenai sosialisasi di Facebook, Hidayat memaparkan Jumat siang pihaknya telah membuat akun baru bertajuk Solowondercity Vote. Untuk mendapatkan penjelasan detail mengenai cara memberikan suara di New7Wonders Cities, masyarakat pemilik akun bisa menyimak di dinding akun tersebut. “Akun itu ke depan juga akan dimanfaatkan untuk share agenda wisata dan informasi-informasi penting lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Asita Solo, Suharto, menegaskan pihaknya akan mendorong agen perjalanan untuk menampilkan sosialisasi cara vote pada brosur paket wisata. “Akan saya tempelkan di brosur Miki Tour,” janji Suharto, menyebut nama biro perjalanan miliknya.

Kepala Disbudpar Solo, Widdi Srihanto, menambahkan dukungan terstruktur yang segera berjalan ini diharapkan mampu mengerek posisi Solo di New7Wonders Cities. Pelaku wisata sepakat keseriusan mendukung Solo akan berimbas pada semakin dikenalnya Solo di mata dunia, sehingga ke depan akan mendorong perkembangan pariwisata Solo dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya