SOLOPOS.COM - Nelson Mandela

Nelson Mandela

Nelson Mandela

Solopos.com, PRETORIA--Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela hari ini genap berumur 95 tahun. Di hari ulang tahunnya, pahlawan anti-apartheid itu masih terbaring di rumah sakit. Namun kondisinya kini banyak kemajuan.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Putri bungsu Mandela, Zindzi mengatakan, ayahnya saat ini bisa berkomunikasi dan menonton siaran televisi.

“Dia membuat kemajuan yang luar biasa,” kata Zindzi kepada media Inggris, Sky News dan dilansir kantor berita AFP dan dikutip detik.com, Kamis (18/7/2013).

Dikatakan Zindzi, saat dirinya menjenguk sang ayah pada Selasa (16/7/2013) lalu, ayahnya itu sedang menonton TV dengan mengenakan headphone.

“Dia merespons dengan sangat bagus… dengan kedua matanya, dan dia mengangguk-angguk dan kadang-kadang dia mengangkat tangannya seperti akan menjabat tangan kita,” tutur anak perempuan Mandela itu.

Mandela telah enam pekan ini dirawat intensif di rumah sakit di Pretoria, Afrika Selatan. Kondisi ikon nasional Afrika Selatan itu sebelumnya sempat dilaporkan kritis.

Untuk memperinghati hari ulang tahun Mandela pada Kamis ini, anak-anak di sekolah-sekolah di seluruh penjuru Afrika selatan mengawali pelajaran mereka dengan menyanyikan “Happy Birthday”.

Sementara geng-geng sepeda akan melakukan aksi membersihkan jalan-jalan, para relawan akan mengecat sekolah-sekolah dan para politikus akan menggunakan waktu selama 67 menit untuk mengerjakan proyek-proyek berharga. Angka 67 tersebut sebagai simbol atas 67 tahun pengabdian Mandela untuk publik.

“Mari kita balas pengorbanan dan kontribusi Madiba lewat upaya-upaya kita sendiri untuk membangun masyarakat yang lebih baik,” kata Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Madiba merupakan nama klan Mandela.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2010 lalu telah menetapkan hari lahir peraih Nobel Perdamaian itu sebagai “Hari Nelson Mandela” atau “Nelson Mandela Day”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya