SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan terlihat berambut putih. (Instagram Luhut Binsar Pandjaitan)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menjadi sorotan publik karena memilih berobat ke Singapura.

Padahal sejak lama Presiden Jokowi menginstrusikan jajaran pemerintahannya untuk berobat di dalam negeri.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Sadar menjadi sorotan publik, Luhut membela diri dengan mengatakan sudah mencoba berobat di dalam negeri.

Namun, kata dia, terbukti berobat di Singapura lebih cepat sembuh dibandingkan di dalam negeri.

“Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini,” tulis Luhut melalui unggahan Instagram, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Luhut, sebenarnya ia sudah berobat di rumah sakit dalam negeri.

Pengobatannya bermula dari RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto.

Akan tetapi, ujar Luhut, karena lingkungannya ingin dirinya mendapatkan pemulihan lebih optimal, ia dirujuk ke RS Singapura.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” tulis Luhut.

Luhut menyatakan menjalani pemulihan di tempat yang jauh dari rumah disebut pilihan yang bisa karena proges kesembuhannya jadi cepat.

Luhut mengatakan dirinya sempat menerima kunjungan dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden dan menteri RI selama berada di RS.

“Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Luhut sudah sebulan menjalani perawatan di RS Singapura karena penyakit yang dideritanya.

Meski demikian di Indonesia, banyak orang mempertanyakan mengapa Luhut memutuskan untuk berobat ke negeri tetangga.

Padahal pada Juni lalu, Presiden Jokowi sudah meminta masyarakat dari setiap lapisan untuk memilih berobat di rumah sakit Indonesia saja.

Jokowi berharap, rumah sakit ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat agar tidak perlu berobat ke luar negeri.

“Kita ingin semuanya sehat, tetapi kalau pas sakit, jangan pergi ke luar negeri, pergi saja ke Rumah Sakit Tzu Chi Hospital,” kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sudah Dilarang Jokowi, Ini Alasan Luhut Putuskan Berobat ke Singapura bukan RS Indonesia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya