SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan suami istri (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris memperingati Hari Pasangan pada 26 Januari seperti hari ini. Peringatan Hari Pasangan mirip dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day yang diperingati setiap 14 Februari.

Hari Pasangan 26 Januari dan Hari Kasih Sayang 14 Februari memiliki kesamaan yakni hari pengungkapan rasa sayang/cinta kepada belahan jiwa. Namun, ada hal yang membedakan.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Hari Valentine biasanya diperingati dengan memberikan hadiah dalam bentuk barang kepada orang terkasih. Sementara, Hari Pasangan diperingati dengan menghabiskan waktu untuk membangun kebersamaan atau menciptakan waktu bersama yang berkualitas. Dengan memberikan waktu khusus untuk berdua, pasangan bisa mengenang dan berefleksi tentang perjalanan hubungan mereka.

Hari Pasangan pada awalnya diperingati kalangan pasangan suami-istri, tetapi kini berkembang pada tataran pasangan yang lebih luas.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, belum diketahui secara pasti awal mula orang memperingati 26 Januari sebagai Hari Pasangan. Ada yang berpendapat Hari Pasangan berasal dari AS.

Pada 1984, warga AS memperingati 26 Januari sebagai Hari Pasangan Militer. Namun, perayaan Hari Pasangan Militer meluas sejak 2000-an kemudian berubah nama menjadi Hari Pasangan.

Seiring berjalannya waktu Hari Pasangan tidak hanya diperingati di Amerika Serikat, tetapi juga di Inggris. Hari itu dirayakan sebagai hari libur nasional pada 26 Januari secara resmi di AS dan Inggris, tetapi banyak negara lain juga merayakannya.

Fondasi Hari Pasangan berasal dari gagasan untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan. Beberapa tempat kerja bahkan mendorong pasangan pergi cuti untuk merayakan hari itu dan menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan mereka.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa 20 menit berpegangan tangan dengan pasangan atau bahkan berpelukan, dapat melepaskan hormon yang membuat lebih bahagia dan merasa baik.

Kebersamaan dalam memperingati Hari Pasangan 26 Januari, pasangan dapat merenungkan perjalanan hubungan rumah tangga yang sudah terjalin dan saling menyampaikan terima kasih atas kebahagiaan yang dicapai. Itu adalah bentuk penghargaan kepada pasangan.

Meski hal demikian bisa dilakukan setiap saat, tetapi tidak ada salahnya pasangan memiliki hari khusus menciptakan waktu berkualitas untuk memperingati Hari Pasangan 26 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya