SOLOPOS.COM - Nasi Lengko Gang Kimto, Tegal. (Istimewa/Twitter @infotegal)

Solopos.com, TEGAL — Di Gang Kimto inilah Anda dapat menemukan nasi lengko khas Tegal yang legendaris.

Nasi lengko merupakan hidangan sederhana yang terdiri dari nasi, tauge, irisan timun, irisan tahu, dan disiram dengan sambal kacang, kemudian ditaburi remukan kerupuk serta bawang goreng di atasnya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Salah satu tempat makan legendaris menikmati kuliner Tegal ini adalah Nasi Lengko “Lumayan” milik Bu Cas di Gang Kimto, Jl. A. Yani, Kota Tegal.

Tempat tersebut populer dengan sebutan Nasi Lengko Gang Kimto. Uniknya mulai cara berjualan hingga memasaknya masih menggunakan konsep tradisional seperti zaman dulu.

Cara berjualannya masih menggunakan gerobak pikulan dan dimasak dengan menggunakan bahan bakar kayu layaknya awal kuliner ini dipasarkan. Meskipun menggunakan pikulan, kuliner khas Tegal ini tidak dijual keliling melainkan menetap di Gang Kimto yang justru membuatnya lebih populer.

Nasi Lengko Gang Kimto sedikit memiliki cita rasa berbeda terutama pada aroma tahu gorengnya yang sedikit sangit karena dimasak menggunakan kayu bakar. Cita rasanya cukup identik dengan perpaduan rasa pedas, gurih, manis, dan terdapat aroma sangit tahu.

Dilansir dari berbagai sumber, Nasi Lengko Gang Kimto sudah ada sejak tahun 1960-an dan baru menempati Gang Kimto dari tahun 1970-an. Jadi usaha, kuliner ini sudah menginjak sekitar tiga generasi sejak pertama dijalankan.

Tak heran jika Nasi Lengko Gang Kimto punya banyak langganan, khususnya untuk menu sarapan bagi orang-orang yang hendak bekerja. Porsinya juga pas, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Harga per porsinya pun cukup terjangkau, yaitu dibanderol dengan harga Rp13.000. Sedangkan untuk jam bukanya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 12.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya