SOLOPOS.COM - Sepeda listrik Narrow Tilting Tricycle yang dinisiasi oleh Tim Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Mesin Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Tim Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Mesin Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berinovasi dengan menghadirkan sepeda listrik narrow tilting tricycle

Sepeda jenis ini merupakan salah satu alat transportasi tepat guna dari program pengabdian masyarakat UNS.  Inovasi ini lahir dari mobilitas penyandang disabilitas yang terbatas dan hanya dibantu menggunakan kursi roda. 

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sepeda listrik narrow tilting tricycle adalah sepeda yang penggerak utamanya motor listrik dengan dilengkapi roda tiga. Terdapat dua roda di depan dan satu di belakang. 

Ketua proyek,  Hammar Ilham Akbar, mengatakan sepeda itu berfungsi membantu mobilitas para penyandang disabilitas di luar ruangan. 

“Alat ini dapat membantu terutama bagi penyandang disabilitas fisik seperti distrofi ringan yang sulit dalam menjaga keseimbangan,” kata dia dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

Sepeda listrik itu mengadaptasi model sepeda lipat dengan memodifikasi garpu (fork) tunggal menjadi garpu ganda (double fork) menyerupai kaki-kaki. 

Hammar menjelaskan masing-masing bagian tersebut terhubung ke poros kemudi melalui lengan atas (upper arm) dan lengan bawah (lower arm). Setiap sisi lengan dilengkapi dengan bearing untuk mengurangi gesekan saat lengan bergerak. 

Alat ini dilengkapi dengan dua buah shock absorber di sisi kiri dan kanan poros kemudi yang terhubung dengan lengan bawah untuk menjaga kedua roda tetap dalam keadaan seimbang. 

Tidak hanya itu, uniknya Narrow Tilting Tricycle diciptakan hybrid. Tidak hanya dikayuh tetapi juga dilengkapi motor listrik sebagai penggerak yang terpasang pada roda belakang.

“Tujuannya memudahkan penyandang disabilitas untuk menjalankan sepeda ini tanpa mengeluarkan tenaga yang besar, dan juga baterai sebagai sumber penyimpan tenaga yang dapat diisi ulang,” lanjut dia.

Dia menyebut sepeda listrik narrow tilting tricycle menjadi solusi yang tepat guna menyelesaikan permasalahan mobilitas penyandang difabel dalam jarak dekat. 

“Sepeda jenis ini memang digunakan untuk membantu transportasi teman kita penyandang disabilitas, terutama penderita disabilitas fisik seperti distrofi ringan, yang sulit dalam menjaga keseimbangan,” kata dia.

Proyek sepeda listrik narrow tilting tricycle menggandeng National Paralympic Comitte (NPC) Indonesia sebagai mitra. Organisasi ini merupakan wadah keolahragaan penyandang disabilitas di Indonesia yang berwenang mengkoordinasi kegiatan olahraga prestasi bagi penyandang disabilitas. 

Proyek yang diketuai oleh Hammar Ilham Akbar ini beranggotakan Nanda Adi Saputro, Irvan Yoga Pratama, Marwan Setyo Utomo, dan Rahmat Dwi Mardiyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya