SOLOPOS.COM - Pelantikan Tejo Haryanto sebagai Kakanwil Kemenkumham Banten, Masjuno jadi Kadivpas Banten dan Asep Sutandar sebagai Kalapas Tangerang. (Liputan6-dok Kemenkumham)

Solopos.com, JAKARTA — Buntut kaburnya narapidana narkotika dari Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Agus Toyib dicopot dari jabatannya.

Tak hanya Agus, Kemenkumham membebastugaskan Kepala Divisi Pemasyarakatan yang juga Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Tangerang Nirhono.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Pada hari ini sudah dilakukan pembebastugasan dari jabatan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Agus Toyib. Juga Kadivpas sekaligus Plt Kalapas Tangerang Nirhono,” ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangannya terkait napi kabur itu, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Terbaru! Herry Wirawan Pemerkosa Santriwati Plontos, Disel Sama Begal

Rika mengatakan, untuk jabatan Kakanwil Kemenkumham Banten akan diisi oleh Tejo Haryanto, sementara Kadivpas Banten akan diduduki oleh Masjuno, dan posisi Kalapas Tangerang diberikan kepada Asep Sutandar.

Sebelumnya, satu narapidana kasus penyalahgunaan narkotika kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten. Narapidana tersebut kabur sejak Rabu, 8 Desember 2021.

“Kabur sejak hari Rabu,” ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangannya, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Waduh! Napi Narkoba Kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang

Rika mengatakan, pihak Kanwil Kemenkumham Banten sudah melakukan pengejaran terhadap napi berinisial A tersebut. Menurut Rika, pihak Kanwil Kemenkumham Banten bekerja sama dengan kepolisian mengejar pelaku.

“Terhadap kejadian pelarian ini juga, Kepala Kanwil Kemenkumham sebagai penanggung jawab wilayah sudah menurunkan timnya. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap peristiwa pelarian tersebut bersama juga tim dari Dit Kamtib Ditjen Pemasyarakatan,” kata dia dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Rika, kerja sama dengan kepolisian dilakukan untuk mendeteksi lokasi dari pelaku. Rika meyakini kerja sama antar Kanwil Kemenkumham Banten dan Polri akan membuahkan hasil.

“Dari kepolisian pastinya sudah menelisik di mana-mana saja kemungkinan dia akan melarikan diri. Makanya sudah berkoordinasi juga dengan beberapa kepolisian di wilayah-wilayah lain, salah satunya Polda Riau,” kata Rika.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya