SOLOPOS.COM - Oegroseno mendampingi mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri dalam salah satu acara di Medan, (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Oegroseno mendampingi mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri dalam salah satu acara di Medan, (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Oegroseno (kanan) mendampingi mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri dalam salah satu acara di Medan. (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Nanan Sukarna memasuki masa purna tugas dari Polri, Jumat (2/7/2013) mendatang. Sejumlah sumber di lingkungan Mabes Polri meyakini spekulasi yang menyebutkan jabatan Wakapolri bakal dieambil alih Oegroseno.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Spekulasi itu bukan tak berdasar. Jabatan kedua tertinggi di jajaran korps Bhayangkara mestinya diisi seseorang berpangkat komisaris jenderal polisi (komjen pol). Sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, pundak Oegroseno juga dihiasi tiga bintang.

Selain Oegroseno, sejumlah nama jenderal bintang dua dan bintang tiga disebut-sebut berpeluang menggantikan posisi Nanan. Mereka di antaranya adalah Komjen Oegroseno, Komjen Sutarman, Komjen Anang Iskandar, Irjen Badrodin Haiti, dan Irjen Putut Bayuseno.

Namun sumber lain memastikan Oegroseno yang terpilih. “Positif, Pak Oegroseno jadi Wakapolri. Sertijab akan digelar pada Jumat besok sesaat setelah Kapolri Jenderal Timur Pradopo balik dari Malang,” ungkap seorang sumber di lingkungan Polri, Selasa (30/7/2013). Jika tidak ada aral melintang, rencananya pelantikan Oegroseno akan digelar Jumat (2/8/2013).

Masa kerja Oegroseno sebagai Wakapolri tidak akan panjang karena mantan Kapolda Sumut itu akan pensiun pada Februari 2014. Lelaki berumur 57 tahun itu lahir di Pati, Jawa Tengah pada17 Februari. Alumnus Akpol 1978 ini pernah mengenyam jabatan penting di tubuh Polri, di antaranya Kapolda Sulteng, Kadiv Propam Polri, dan terakhir Kapolda Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya