SOLOPOS.COM - Suhardi Alius (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Mutasi Polri yang terkesan tak terencana jauh hari, Jumat, mencerabut juga Kabareskrim . Suhardi Alius dari Mabes Polri.

Solopos.com, JAKARTA — Bukan hanya Kapolri Jenderal Pol. Sutarman yang diberhentikan dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (16/1/2015). Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Drs. Suhardi Alius pada hari yang sama juga tercerabut dari Mabes Polri dalam mutasi Polri yang terkesan tak terencana itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Konfirmasi pencopotan . Suhardi Alius yang sepanjang Jumat jadi desas desus itu dikemukakan Kadivhumas Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie. Ia mengonfirmasi bahwa Komjen Pol Suhardi Alius tidak lagi menjabat sebagai Kabareskrim Polri dalam mekanisme mutasi Polri yang tengah berlangsung.

”Informasi dari Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, bahwa sejak tadi pagi telah melaksanakan serah terima jabatan Kabareskrim Polri kepada Irjen Pol. Drs. Budi Waseso,” kata Ronny dalam pesan singkat kepada wartawan, di Jakarta, Jumat.

Suhardi, dikatakannya dimutasi menjadi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). “Pak Suhardi dimutasi ke Lemhannas RI menggantikan jabatan Sekretaris Utama dari Komjen Pol Drs Boy Salamudin,” katanya.

Suhardi, sebelumnya telah membenarkan kepada beberapa awak media massa terkait adanya pencopotan jabatan dirinya sebagai kabareskrim. Namun, pencopotan itu terkesan mendadak dan tertutup sehingga sempat muncul spekulasi terkait mutasi Polri itu. “Iya benar,” kata Suhardi dalam pesan singkat.

Mabes Polri sejatinya menilai Komjen Pol Suhardi Alius memiliki rekam jejak yang baik dan tidak pernah mendapatkan catatan buruk. “Saya kenal Pak Suhardi pada 1981, kami dulu sama-sama di taruna sampai sekarang dia berpangkat komjen. Setahu saya tidak pernah ada catatan-catatan buruk yang menghambat perjalanan karier beliau,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri Kombes Pol Agus Rianto.

Agus juga mengatakan Suhardi menjadi angkatan 1985 pertama yang mampu menembus pangkat jenderal bintang tiga. Karier Suhardi melesat semenjak ia memegang jabatan Wakapolda Metro Jaya pada 2011. Kemudian pada 2012, pangkatnya naik menjadi Irjen dan naik jabatan menjadi Kadivhumas Polri.

Pada Juni 2013, ia ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Barat. Kemudian November 2013, ia dalam mutasi Polri menjadi Kabareskrim Polri menggantikan Komjen (pangkat saat itu) Sutarman yang terpilih menjadi Kapolri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya