SOLOPOS.COM - ilustrasi pencarian orang hilang di laut. (JIBI/Solopos/Antara)

Musibah Airaasia yang jatuh di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah memunculkan sebuah misteri.

Solopos.com, PANGKALANBUN Bangkai pesawat Airasia QZ8501 sudah ditemukan di perairan Selat Karimata. Mitos yang beredar, Selat Karimata dikuasai oleh ratu makhluk halus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Belum ditemukannya black box sampai saat ini membuat teori-teori penyebab musibah Airasia QZ 8501. Haji Zailani, salah satu sesepuh di Pangkalan Bun itu menuturkan kisah tentang “orang laut” yang sangat erat dengan tradisi masyarakat pesisir Teluk Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Dikutip Solopos.com, Kamis (8/1/2015), dari Detik.com, Haji Zailani menyarankan agar tim pencari korban musibah Airasia meminta bantuan “orang laut” dengan menyediakan sejumlah syarat.

“Biasanya kalau ada kapal karam itu siapkan saja makanan atau sajian buat “orang laut”, macam-macam yang harus disiapkan dan harus sesuai selera mereka dan diberikan oleh orang yang dikenal mereka. Biasanya sesepuh adat di pesisir itu yang kasih,” ujar Haji Zailani.

Benar tidaknya mengenai apa yang disampaikan oleh Haji Zailani itu masih dalam taraf percaya tidak percaya. Meski demikian, mitos mengenai “orang laut” selama ini memang hidup di tengah-tengah warga Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya