SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG — DPD Partai Demokrat (PD) Jateng memastikan, pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) yang telah beberapa kali mengalami penundaan akan digelar Oktober 2013.

Kepastian Musda ini diungkapkan Sekretaris DPD PD Jateng, Dani Sriyanto kepada wartawan di Semarang akhir pekan lalu.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Menurut dia, DPP PD sudah memberikan petunjuk pelaksanaan [juklak] dan petunjuk teknis [juknis] pelaksanaan Musda kepada Ketua DPD PD Jateng, Sukawi Sutarip.

”Insya Allah, Musda DPD PD Jateng digelar Oktober. Tidak akan mundur lagi,” katanya tanpa menyebutkan tanggal pelaksanaan.

Sebelum digelar Musda pada bulan Oktober, lanjut dia didahului pramusda yakni menggelar seleksi bakal calon kandidat ketua umum DPD PD Jateng menggantikan Sukawi Sutarip.

Syarat untuk maju calon ketua umum yakni minimal didukung empat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD dari kabupaten/kota.

”Calon ketua umum harus membawa bukti surat dukungan dari empat DPC kabupaten/kota,” tandas Dani.

Pendaftaran calon ketua akan dibuka pada akhir September, selanjutkan dilakukan verifikasi persyaratan. Kalau tidak memenuhi persyaratan langsung gugur.

Dia menegaskan bakal calon ketua umum DPD Jateng mendatang berasal dari kader partai sendiri, bukan luar kader.

Sebab, untuk maju sebagai calon ketua umum harus memiliki kartu tanda anggota (KTA) PD. ”Jadi yang tidak punya KTA PD, tidak bisa maju,” ungkapnya.

Pada musda mendatang, imbuh Dani, yang memiliki hak suara adalah 35 DPC kabupaten/kota, satu suara DPP dan DPD, serta organisasi sayap PD yang belum diputuskan.

”Untuk menjadi ketua umum harus mendapatkan dukungan 50 persen plus satu dari peserta musda yang memiliki hak suara,” jelasnya.

Mengenai kandidat bakal calon ketua yang akan muncul, Dani, menyatakan belum mengetahui, karena semua kader mempunyai hak.

”Tunggu saja pada saat pendaftaran mendatang. Asal memenuhi persayaran semua kader mempunyai hak maju sebagai calon ketua umum,” katanya.

Seperti diketahui, terakhir pelaksanaan Musda PD Jateng dijadwalkan pada 27-28 September 2012 di Kabupaten Magelang, tapi dibatalkan DPP.

Saat itu sudah ada tiga kandidat calon kuat ketua umum PD Jateng, yakni Prajoko Haryanto dan AS Sukawijaya akrab dipanggil Yoyok Sukawi (anggota E DPRD Jateng), dan Amat Antono (Bupati Pekalongan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya