SOLOPOS.COM - Ilustrasi (antikorupsijateng.com)

Ilustrasi (antikorupsijateng.com)

SEMARANG – Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) II DPD Partai Demokrat (PD) Jateng yang dijadwalkan di Kabupaten Magelang, Kamis-Jumat (27-28/9/2012) dibatalkan. Pembatalan Musda ini disampaikan langsung Ketua DPD PD Jateng, Sukawi Sutarip, pada jumpa pers di Semarang, Rabu (26/9/2012).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Tadi malam [Selasa 25/9] sekitar pukul 20.45 WIB kami menerima faksimili SK dari DPP PD yang menunda pelaksanaan Musda PD Jateng,” katanya. Dia kemudian menunjukkan SK DPP PD Nomor 291/INT/DPP.PD/IX/2012 tertanggal 25 September 2012 yang ditandatangi Ketua Umum Anas Urbaningrum dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono yang menunda pelaksanaan Musda PD Jateng.

Alasan penundaan mengingat aktivitas dan kebutuhan organisasi saat ini begitu dinamis, maka pelaksanaan ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. SK DPP ini menganulir SK DPP PD Nomor 285/INT/IX/DPP.PD/2012 tanggal 19 September 2012 tentang pelaksanaan Musda yang dijadwalan 27 September 2012 di Magelang.

Lebih lanjut Sukawi, menyatakan bisa memamahi alasan penundaan Musda karena memang dinamika politik yang dinamis, terkait verifikasi partai politik. ”DPP saat masih disibukan dengan melengkapi verifikasi partai politik di KPU untuk persiapan pemilu 2014. Ternyata masih banyak DPC belum rampung,” ujarnya didampingi Sekretaris DPD PD Jateng Dani Sriyanto dan Ketua FPD DPRD Jateng Tety Indarti.

Dengan adanya penundaan ini, Sukawi meminta maaf kepada semua pihak, DPC, aparat kepolisian, Muspida Pemerintah Kabupaten Magelang dan Pemerintah Kota Magelang, hotel, para seniman yang batal tampil. ”Penundaan ini di luar prediksiksi kami. Sebab persiapan panitia sudah mencapai 95%. Kami mohon maaf kepada semua pihak,” tandasnya.
Mengenai kapan pelaksanaan Musda PD Jateng akan dilaksanakan, mantan Walikota Semarang ini tak bisa memastikan.
”Tergantung dari DPP. Lebih cepat lebih baik,” kata Sukawi.

Disinggung penundaan Musda ini terkait adanya karantina sejumlah DPC yang dilakukan salah satu kandidat calon ketua, Sukawi tak bersedia berkomentar. ”Kami sebagai panitia hanya bertugas menyiapkan pelaksaan Musda, tak ada urusan dengan karantina DPC,” ujar dia.

Terpisah Sekretaris Divisi Organisasi DPP PD, Sudewo, mengungkapkan penundaan Musda PD Jateng karena DPP menilai masih ada kekurangan. Kekurangan itu antara lain, dua hari menjelang pelaksanaan Musda PD Jateng peserta dari DPC belum menerima undangan. Selain itu pemasangan atribut lambang partai di sekitar arena Musda dan Kabupaten Magelang masih sepi, kurang semarak. ”Panitia bukan tak serius, tapi belum sempurna persiapannya,” ungkap dia. Menurut Sudewo, pelaksanaan Musda PD Jateng akan diupayakan segera digelar, sebelum pelaksanaan Pemilihah Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. ”Musda diupayakan pada Oktober mendatang. Ikat sepat, ikan gabus, lebih cepat, lebih bagus,” tandas anggota DPR dari daerah pemilihan Jateng ini.

Disinggung adanya intervensi dari DPP untuk memenangkan salah satu calon ketua pada Musda, Sudewo secara tegas membantah. ”Memang ada intervensi dari DPP tapi sifatnya positif bagi demokrasi. Bukan untuk mendukung calon tertentu,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya