SOLOPOS.COM - Chair B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani dan Chair B20 Women in Business Action Council sekaligus Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. Ira Noviarti berfoto bersama setelah sesi wawancara eksklusif mengenai Presidensi B20 Indonesia dorong peran perempuan di ekonomi global melalui Women in Business Action Council, Rabu (25/1/2022). (Bisnis-Dwi Nicken Tari).

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti yang baru saja menyatakan pengunduran dirinya memiliki profil perjalanan karier yang cukup baik selama memimpin PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Sebelumnya, profil kepemimpinan Ira Noviarti selaku Presiden Direktur dianggap telah membawa Unilever Indonesia ke posisi yang lebih kuat dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Ira telah berhasil mengeksekusi lima prioritas strategis yang mencakup penguatan dan pengoptimalan merek utama, memperluas portofolio hingga ke segmen premium dan value, serta membangun kekuatan dalam eksekusi untuk memperkuat posisi Unilever Indonesia di berbagai saluran distribusi.

Di bawah kepemimpinan Ira Noviarti yang profilnya sangat diperhitungkan ini, Unilever menerapkan prinsip e-everything dalam seluruh lini bisnis, dan tetap menjadi yang terdepan dalam agenda keberlanjutan.

“Kami bersama-sama melewati perubahan dan tantangan besar, membawa bisnis ke posisi yang lebih kuat seperti yang ditunjukkan dalam hasil Q3/2023 yang kami umumkan hari ini. Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya dengan Unilever Indonesia, terutama pada masa kepemimpinan saya tiga tahun terakhir,” jelas Ira dikutip dari siaran pers, Kamis (26/10/2023).

Lebih jauh dalam pernyataannya, Ira mengungkapkan rasa syukur atas kontribusi yang telah diberikan kepada negara dan masyarakat selama kepemimpinannya.

Dia berbicara tentang akhir yang positif dalam perannya saat ini dan menyatakan antusiasmenya untuk terus berkontribusi dalam peran selanjutnya di Unilever.

“Saya memulai posisi ini saat kami baru mulai menghadapi pukulan pandemi di tahun 2020, dan telah banyak yang kami lalui hingga hari ini. Bersama-sama, kami menavigasi begitu banyak perubahan dan tantangan, membawa bisnis Perseroan ke posisi yang lebih kuat seperti yang bisa dilihat dari hasil kuartal III 2023 yang baru kami umumkan,” ujarnya.

Estafet Kepemimpinan Baru

Sebelumnya, Unilever Indonesia mengumumkan estafet kepemimpinan dan model operasional perusahaan yang baru pada 25 Oktober 2023.

Unilever mulai transformasi menuju organisasi yang dikelola secara Unit Bisnis setelah pada tahun sebelumnya perubahaan tersebut diterapkan di tingkat induk perusahaan global.

Transformasi ini akan dimulai pada Januari 2024. Unilever Indonesia akan mengoperasikan lima Unit Bisnis yang berfokus pada segmen bisnis yang berbeda, yaitu Beauty and Wellbeing, Personal Care, Home Care, Nutrition, dan Ice Cream.

Tujuan dari perubahan ini adalah untuk lebih mempertajam fokus pada potensi pertumbuhan jangka panjang di Indonesia.

Posisi baru Ira di Unilever akan diumumkan pada waktunya, dan suksesi kepemimpinan akan diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan berikutnya.

Dengan perubahan kepemimpinan dan model operasional yang inovatif ini, Unilever Indonesia memasuki era baru yang penuh potensi dan kesempatan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Profil Ira Noviarti Unilever

Profil Ira Noviarti juga disiarkan di situs resmi Unilever www.unilever.co.id.  Ira Noviarti lahir dan berdomisili di Jakarta.

Berdasarkan data profil tersebut, Ira Noviarti diangkat sebagai President Director oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Unilever Indonesia pada 25 November 2020, yang kemudian efektif pada 1 Desember 2020.

Ira telah bergabung dengan Unilever Indonesia sejak 1995. Beberapa posisi senior telah di embannya selama menjabat di Unilever di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Profil karier Ira Noviarti di Unilever Indonesia dimulai saat dia menjabat sebagai Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk (2017-2020).

Setelah itu, Ira menjadi Managing Director untuk Unilever Foods Solutions South East Asia (2015-2017), dan Ice Cream, Media dan Consumer Market Insight Director di PT Unilever Indonesia Tbk (2010-2015).

Sementara, untuk profil pendidikan, sebelum bekerja di Unilever Indonesia, Ria Noviarti meraih gelar di bidang Ekonomi dari Universitas Indonesia (1995), jurusan Akuntansi Keuangan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Transformasi Unilever, Ira Noviarti Mulai Peran Baru 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya