SOLOPOS.COM - Stasiun Lempuyangan. Ilustrasi, gambar diambil sebelum pandemi. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Mudik Lebaran 2017 diwarnai dengan adanya praktik penipuan tiket KA palsu.

Solopos.com, JAKARTA – Para pemudik diminta untuk berhati-berhati dalam momen mudik Lebaran 2017. Termasuk mengenai tiket moda transportasi yang hendak digunakan. Lantaran, ditemukan tiket kereta api palsu pada mudik Lebaran 2017.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan telah ditemukan sembilan calon penumpang KA Kutojaya Utara (KA 192) dan tiga calon penumpang KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (KA 7038) yang kedapatan memiliki tiket boarding pass palsu di Stasiun Pasarsenen, Jumat (23/6/2017).

“Antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) rupanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dengan melakukan penipuan terhadap calon penumpang KA,” ujar Suprapto di Antaranews.com, Sabtu (24/6/2017).

Dia menjelaskan tiket yang mereka bawa tidak tercantum dalam sistem boarding milik PT KAI. Sehingga saat melakukan check-in di Stasiun Pasar Senen, tiket boarding tersebut tidak bisa terdeteksi. Ketika dimintai keterangan, Suprapto menyatakan calon penumpang tersebut membeli tiket dari temannya.

“Perbedaan sangat terlihat dari jenis kertas, font ukuran tulisan, jam check in yang tidak tercetak, nama kereta api yang tidak baku, kode booking yang seharusnya enam digit tertulis delapan digit,” katanya.

Suprapto pun mengimbau kepada calon penumpang agar tidak membeli tiket KA lewat perorangan atau calo. Karena hal tersebut rentan terjadinya praktik penipuan. Selain itu, calon penumpang disarankan untuk mencetak sendiri boarding pass di check in counter yang telah disediakan di stasiun.

Kemudian, calon penumpang disarankan untuk tidak membeli tiket dalam bentuk boarding pass. Jika terpaksa, calon penumpang harus memastikan keaslian boarding pass dengan cara melihat kode pengaman berupa pola tulisan Kereta Api Indonesia pada boarding pass.

Jika ada keraguan terhadap boarding pass, segera konfirmasi ke petugas atau layanan pelanggan yang ada di stasiun, atau bisa juga melalui contact centre PT KAI di (021) 121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya