SOLOPOS.COM - ilustrasi penumpang kereta api (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Dok)

ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/sok)

ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/sok)

Solopos.com, SOLO—Perjalanan kereta api ekstra rute Solo-Bandung dipastikan akan mendapat kapasitas lebih banyak ketimbang tujuan Solo-Jakarta atau sebaliknya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Dari informasi yang dihimpun Espos di Stasiun Balapan Solo, Argo Lawu ekstra Jakarta-Solo hanya akan dijalankan 1-9 Agustus. Kemudian, Argodwipangga esktra Solo-Jakarta akan dijalankan hanya pada arus balik, 10-18 Agustus. Sementara, kereta api Lodaya ekstra rute Solo-Bandung dan sebaliknya akan dijalankan selama 1-18 Agustus, baik untuk Lodaya siang maupun Lodaya malam. Artinya, dalam satu hari masa arus mudik dan balik Lebaran, Lodaya akan jalan empat kali sehari.

“Tahun ini malah perjalanan kereta ekstra ke Bandung malah lebih banyak dari pada ke Jakarta. Kami sendiri kurang tahu alasannya, karena ini kebijakan dari Daops Bandung. Kemungkinan, potensi penumpang Solo-Bandung tahun ini lebih banyak,” terang Kepala Stasiun Balapan Solo, Rustanto, saat ditemui Solopos.com, Selasa (23/7/2013).

Untuk semua perjalanan kereta api jarak jauh, mulai 1-18 Agustus PT KAI menerapkan tarif batas atas. Baik kereta reguler maupun ekstra, Solo-Jakarta tarifnya mencapai Rp500.000 per tiket. Dibanding beberapa tahun lalu, tarif tiket ini cukup terjangkau karena batas atas tarif kereta api pernah mencapai Rp640.000 per tiket.

Rustanto menyampaikan, hingga saat ini tiket KA Lebaran sudah ludes sampai dengan tanggal 18 Agustus. Sementara, 19-20 Agustus tiket masih tersedia cukup banyak.

“Baik untuk kereta reguler maupun tambahan, khusus rute Solo-Jakarta dan sebaliknya, tiket sudah habis sampai 18 Agustus.”

Sementara, karena Lodaya menambah dua perjalanan ekstra setiap harinya, maka sampai saat inipun sisa tiket kereta untuk arus balik masih relatif tersedia. “Tapi ketersediaannya tipis. Yang benar-benar sudah habis baru perjalanan tanggal 11 dan 18 Agustus.”

Mengenai jadwal perjalanan kereta api ekstra, Rustanto menjelaskan Argodwipangga ekstra dari Solo Balapan akan bertolak pukul 22.20 WIB. Sementara Lodaya ekstra akan berangkat pukul 08.40 WIB untuk perjalanan pagi dan 20.45 WIB untuk perjalanan malam.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Jogja, Sumarsono, Rabu (24/7), menyebutkan selain menambah perjalanan kereta kelas bisnis dan eksekutif, PT KAI Daops VI Jogja juga siap mengoperasikan kereta tambahan kelas ekonomi, Bengawan Lebaran.

Kepala Stasiun Jebres Solo, Eksam Puji Santosa, menyampaikan kereta Bengawan Lebaran Solo-Jakarta akan bertolak dari Stasiun Jebres pukul 10.10 WIB, atau lebih pagi dari kereta reguler pukul 15.30 WIB. Bengawan Lebaran akan dijalankan mulai Senin (29/7) pekan depan. “Tiket kereta ekonomi reguler dan ekstra sudah habis untuk tanggal 9-21 Agustus. Sebelum 9 Agustus tiket masih relatif tersedia,” kata Eksam.

Dia mengatakan, tiket kereta ekonomi tidak ada kenaikan tetap Rp90.000 per penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya