SOLOPOS.COM - Ilustrasi, mudik (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Ilustrasi, mudik (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA-Aksi kejahatan sering terjadi ketika jelang Lebaran bersamaan ritual mudik. Polda Metro Jaya memberikan sejumlah imbauan pada warga Jakarta. Rumah-rumah yang ditinggalkan harus dipastikan dalam kondisi aman.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, kejahatan saat warga mudik memang kerap terjadi. Karena itu, ada sejumlah hal yang harus dilakukan sebelum berangkat ke kampung.

“Pertama, jangan tinggalkan barang berharga,” kata Rikwanto saat berbincang lewat telepon, Sabtu (4/8/2012). Barang berharga hanya akan memancing pencuri beraksi.

Selain itu, Rikwanto juga mengimbau agar masyarakat menitipkan rumah pada petugas jaga atau Siskamling. Bila ada petugas kepolisian, warga juga jangan ragu untuk meminta pengamanan.

“Kita juga nanti akan patroli,” tambahnya.

Sebelum mudik, Rikwanto juga mengimbau agar warga memperhatikan masalah listrik dan alat-alat elektronik. Dia menyarankan, sebaiknya rumah hanya ditinggal dengan lampu menyala saja. Peralatan listrik lain sebaiknya dicabut.

“Supaya jangan sampai terjadi kebakaran,” pesan Rikwanto.

Diperkirakan pada musim mudik ini, jutaan warga Jakarta akan kembali ke kampung. Berdasarkan data kepolisian, kejahatan yang marak terjadi saat musim Lebaran adalah pencurian rumah kosong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya