SOLOPOS.COM - Jokowi saat meluncurkan proyek pembanguna MRT Jakarta bebarapa waktu lalu. (Dok/JIBI/Bisnis)

Jokowi saat meluncurkan proyek pembanguna MRT Jakarta bebarapa waktu lalu. (Dok/JIBI/Bisnis)

JAKARTA — Saat ini muncul dua opsi untuk lokasi depo mass rapid transit atau MRT.  Pemprov DKI Jakarta punya dua pilihan lokasi depo utama MRT yakni Kampung Bandan dan Lebak Bulus.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Alternatif pertama adalah Kampung Bandan dengan catatan PT Kereta Api Indonesia menyerahkan kepada perusahaan daerah PT Mass Rapid Transit baik dalam bentuk kerjasama atau sewa.

Sedangkan Lebak Bulus menjadi alternatif kedua untuk depo utama jika PT KAI tidak memberikan hak penggunaan stasiun Kampung Bandan.

“Lebak bulus sedang proses kalkulasi, kalau nanti Kampung Bandan diberikan dari PT KAI ke PT MRT kita jadikan Kampung Bandan,” kata Jokowi di Balai Kota, Selasa (7/5).

Apabila depo utama berada di Kampung Bandan, stadion sepakbola Lebak Bulus terselamatkan.

Kalau memang harus dibongkar, Pemprov sudah menyiapkan lokasi stadion baru di Ulujami dan stadion BMW. Pembangunan stadion BMW dimulai tahun ini.

Jokowi berharap PT KAI bisa memberikan aset stasiun Kampung Bandan menjadi depo utama MRT, namun Pemprov menunggu proses kalkulasinya.

Perusahaan BUMN itu rencananya akan memperbesar kapasitas angkutannya setiap tahun menambah ratusan gerbong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya