SOLOPOS.COM - Moon Jae In memenangi pemilu Korsel (Hwang Kwang Mo/JIBI/Yonhap via Reuters)

Korea Selatan punya presiden baru menggantikan Park Geun Hye.

Solopos.com, SEOUL – Korea Selatan resmi memiliki presiden baru. Moon Jae In dilantik menjadi presiden ke-19, Rabu (10/4/2017), menggantikan Park Geun Hye yang terkena skandal korupsi.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Moon Jae In dilantik sehari setelah terpilih menjadi presiden dengan dukungan suara 41,1 persen dalam pemilihan presiden.

“Saya akan menjadi presiden untuk seluruh rakyat,” kata pemimpin baru itu pada upacara pelantikannya di Majelis Nasional, menyatakan mereka yang tidak mendukung dia juga bagian dari bangsa.

“Kepala saya penuh dengan cetak biru untuk membuka satu dunia baru persatuan dan koeksistensi,” katanya saat menyampaikan sambutan.

“Saya menyatakan saya akan memenuhi tanggung jawab saya dan seruan untuk menjabat sebagai presiden ke-19 Republik Korea dengan baik namun rendah hati di hadapan sejarah dan rakyat,” kata nya.

Moon menegaskan akan memindahkan kantor kepresidenan ke Gwanghwamun, Seoul pusat, segera setelah persiapan dilakukan, karena kebijakan pertamanya adalah untuk melepaskan diri dari kepresidenan yang angkuh dan tidak komunikatif.

“Pada waktunya, saya akan menggelar debat besar di Gwanghwamun Square. Saya akan membagi kekuasaan imperial presiden sebanyak mungkin,” katanya sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari Yonhap, Rabu.

Ia berjanji menunjuk para pejabat pemerintah dari seluruh wilayah hanya berdasarkan pada kemampuan dan kesesuaian terlepas dari apakah mereka mendukung dia atau tidak.

Dan dia berikrar memberikan prioritas untuk mengatasi program nuklir Korea Utara dan menyelesaikan sengketa mengenai pengerahan sistem pertahanan rudal Amerika Serikat di negaranya.

Masa jabatan lima tahun Moon bermula lebih awal hari ini, setelah Komisi Pemilihan Nasional (National Election Commission/NEC) mengonfirmasi kemenangannya dalam pemilihan presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya