SOLOPOS.COM - Plt. Rektor UNS Solo, Chatarina Muliana memimpin upaca Dies Natalis UNS ke-48 di halaman gedung rektorat kampus setempat, Kamis (7/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo di usianya yang sudah memasuki 48 tahun diharapkan mampu bergerak lebih cepat dan tepat dalam memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Rektor UNS Solo, Chatarina Muliana ketika memimpin upacara peringatan Dies Natalis ke-48 di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (7/3/2024).

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Kontribusi nyata dapat dilakukan antara lain melalui tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas dan bermanfaat sesuai kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara kita,” kata dia dalam keterangan tertulis diterima Solopos.com, Kamis (7/3/2024).

Bagi Chatarina tantangan besar akan terus dihadapi perguruan tinggi dalam tahun-tahun ke depan salah satunya dipicu oleh adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat. Dia mengatakan perkembangan teknologi mengharuskan untuk melakukan transformasi dan adaptasi yang cepat.

Dia mengatakan penting bagi perguruan tinggi untuk dapat berkontribusi nyata bagi kemandirian dan pembangunan ekonomi melalui karya dan produk inovatif. Diharapkan melalui karya itu kampus mampu memecahkan berbagai masalah di masyarakat.

“Kita semua menyadari bahwa negara kita Indonesia akan mengalami fase dimana jumlah penduduk produktif melebihi jumlah penduduk non-produktif pada tahun 2030. Jika dapat dieksekusi dengan baik akan menjadi suatu bonus demografi, tetapi jika tidak termanfaatkan dengan baik, berpotensi menjadi suatu bencana demografi,” kata dia.

Dia mengatakan perguruan tinggi juga harus mampu menghantarkan Indonesia dalam menghadapi bonus demografi dengan melahirkan insan-insan terdidik yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif

“Mereka inilah yang diharapkan akan menjadi enabler dalam mendorong pengejawantahan bonus demografi menjadi akselerasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” imbuh dia.

Ke depan UNS Solo diharapkan mampu bertransformasi sehingga dapat secara cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan begitu bukan tidak mungkin UNS Solo berkontribusi dalam visi Indonesia Emas 2045.

Pada kesempatan ini, Chatarina juga menyampaikan bahwa proses penataan kelembagaan internal UNS sesuai Permendikbudristek No. 24 tahun 2023 masih berjalan.

Termasuk proses hingga UNS memiliki rekor definitif. Saat ini kelembagaan Majelis Wali Amanat (MWA) UNS sedang dibentuk untuk segera mempersiapkan berbagai regulasi pemilihan Rektor.

“Semoga momentum Dies Natalis ke-48 UNS menjadi penanda, titik dimana segenap komponen UNS berkolaborasi dan bersinergi, mengakselerasi kinerja UNS dalam mencapai visi yang telah dicanangkan. Sehingga UNS tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Soloraya namun juga dapat menjadi kebanggaan Indonesia,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya