SOLOPOS.COM - Mobil RI 1 yang membawa Presiden Jokowi melintasi jalan rusak dan bergelombang di Lampung, Jumat (5/5/2023). (Istimewa/BPMI Setpres)

Solopos.com, BANDARLAMPUNG — Mobil dinas RI 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergoyang saat meninjau jalan rusak, berlubang, dan berkubang di Terusan Ryacudu menuju daerah Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

Presiden RI beserta rombongan sampai di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung, Jumat, sekitar pukul 10.20 WIB seusai meninjau Pasar Natar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Presiden beserta rombongan sesampainya di Jalan Terusan Ryacudu, langsung meluncur meninjau jalan rusak menuju arah Kota Baru.

Di lokasi, banyak warga setempat telah  menunggu kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Dalam video dari tim fotografer kepresidenan itu, tampak sebuah mobil sedan hitam berpelat merah “Indonesia 1” itu tampak melintas pada terjalnya jalan di Jalan Terusan Ryacudu itu. 

Jalanan dalam video itu tampak berlubang dan tidak beraspal, sehingga mobil sedan yang ditumpangi Jokowi itu berguncang saat melintasi jalan.

Kondisi jalan yang dilewati sebagian besar rusak parah karena banyaknya kubangan besar di bagian kiri dan kanan jalan.

Saat melintas, jendela mobil juga tidak tertutup sehingga terlihat Jokowi meninjau jalan rusak di Lampung tersebut, sembari membagikan cenderamata kepada penduduk setempat.

Presiden dan rombongan mencoba jalan berlubang dengan mobil Kepresidenan hingga sejauh kurang lebih 5 sampai 6 kilometer, kemudian rombongan pun berputar kembali untuk melaksanakan sholat Jumat di Masjid Airan Raya.

Terlihat di dalam mobil orang nomor 1 di Indonesia itu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemani Presiden meninjau jalan rusak. Presiden dan rombongan meninjau jalan rusak selama 1 jam lebih.

Dalam meninjau jalan rusak di Jalan Terusan Ryacudu menuju Kota Baru, tak lupa Presiden menyapa masyarakat dari dalam kendaraannya serta memberikan sejumlah kaos.

Sebelum kedatangan Presiden, Petugas Pengamanan yang merupakan gabungan dari TNI/Polri telah bersiap mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo di sepanjang jalur yang dilewati saat melakukan inspeksi di Lampung.

Petugas keamanan juga terlihat telah melakukan sterilisasi di setiap jalur yang akan dilalui oleh orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

Sehari sebelum kedatangan Jokowi, sejumlah titik yang rusak di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung, telah ditimbun dengan bebatuan koral. 

Berdasarkan pantauan, timbunan lubang oleh batu koral tersebut terlihat berada di depan Kantor Polda Lampung dan Kota Baru Itera

Bahkan, saat ini sudah terpasang spanduk imbauan berwarna kuning bertuliskan “Hati-hati Jalan Berlubang” di sebelah kiri jalan. 

Kemudian, menuju pintu Tol Kota Baru Itera, terlihat terdapat pengerjaan perbaikan jalan rusak dengan rigid beton.

Sementara itu, memasuki Kota Baru, di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, jalan yang terlihat bagus dengan rigid beton kurang lebih 500 meter dihitung dari perempatan lampu merah menuju pintu Tol Itera

Setelah itu, sisanya hingga menuju ke lokasi bangunan perkantoran yang terbengkalai di Kota Baru, terlihat rusak parah.

Kunjungan kerja Jokowi ke Lampung untuk memastikan kebenaran banyaknya jalanan rusak yang videonya tersebar di dunia maya.

Jokowi menyatakan Pemerintah saat ini sedang memulai upaya mengumpulkan data-data mengenai jalan-jalan rusak parah di kabupaten, kota, dan provinsi.

Jokowi meyakini hal itu terjadi karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, tidak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

 

Sumber: Antara



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya