SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

UJI EMISI-- Mobil Esemka saat uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Tangerang, pada Februari 2012. (Rahmatullah/JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLO – Mobil Esemka bakal dibawa kembali ke Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Tangerang, untuk uji emisi, Selasa (22/5/2012).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Sebagaimana diketahui, setelah dinyatakan tidak lulus dalam uji emisi karena belum memenuhi ambang batas emisi gas buang saat diuji di BTMP, Februari 2012 lalu, performa mesin Esemka terus disempurnakan oleh tim mekanik yang khusus dibentuk untuk membenahi mobil itu.

Terhitung dua kali tim melakukan uji emisi mandiri mobil Esemka di Bengkel Tiga Dara, Telukan, Grogol, Sukoharjo. Di bengkel itu mobil Esemka menjalani serangkaian pengujian mesin untuk mengukur produksi gas buangnya. Setelah sejumlah pembenahan, Esemka dinilai semakin memenuhi standar batas gas buang kendaraan bermotor tipe baru, yakni CO 5 gr/km dan HC NOX 0,70 gr/km. Sertifikat lulus uji emisi yang diterbitkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi dasar rekomendasi Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) oleh Kementerian Perhubungan. SRUT dipakai memproses BPKB dan STNK.

“Ya rencananya besok Selasa akan dibawa ke BTMP. Kami sudah menyiapkan dalam beberapa kali tes mandiri. Tapi sebelumnya, Senin akan diuji sekali lagi, untuk melihat kadar CO yang dihasilkan mobil Esemka,” ungkap Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Technopark (STP), Gampang Sarwono.

Gampang menyebutkan performa mesin Esemka menghasilkan power normal, yakni antara 60 hingga 70 tenaga kuda. Uji emisi performa Esemka Rajawali tipe SUV pada Senin besok, termasuk menjajal fungsi Electronic Control Unit (ECU). “Uji emisi di Tangerang nanti memakai bodi lama. Memang masih kelebihan beban sekitar 1 ton. Senin besok fokus pada setting ECU mobil supaya kadar emisi tetap rendah,” terangnya.

Rencana uji emisi ulang mobil Esemka, diakui Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Rudy, sapaan akrabnya, menyatakan optimistis kali ini Esemka akan lulus dalam uji emisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya